Kamu Harus Paham, Beragam Jenis Istirahat menurut Psikologi




Tidur nyenyak dan berkualitas (KalderaNews/Ist)
Tidur nyenyak dan berkualitas (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Keseharian kita pasti penuh dengan agenda-agenda dan kegiatan yang cukup menyibukkan. Tidak jarang kita menjadi lelah karena beragam kesibukan tersebut dan membutuhkan istirahat. Istirahat tidak hanya tidur dan makan saja, melainkan ada beberapa jenis istirahat yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut ilmu psikologi, inilah jenis istirahat yang harus kita tahu dan kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.

BACA JUGA:

Istirahat fisik

Istirahat fisik ini merupakan jenis istirahat yang dibutuhkan bila kamu merasa lelah karena beraktivitas. Istirahat yang dapat dilakukan dengan tidur, pijat refleksi, atau rebahan.

Istirahat mental

Istirahat mental ini diperlukan saat kamu lagi merasa down karena ada masalah yang relatif berat. Istirahatnya bisa curhat ke orang yang kamu percaya, journaling, konsultasi ke professional.

Istirahat sensori atau panca indera

Lelah panca indera bisa terjadi bila seharian mata kita terus menatap layar komputer atau gawai terus. Maka istirahat yang bisa dilakukan adalah dengan merem sejenak. Atau misal kamu lagi jenuh mendengar ocehan orang lain, kamu bisa beristirahat dengan mendengarkan lagu-lagu yang kamu suka.

Istirahat emosi atau perasaan

Istirahat emosi adalah istirahat saat perasaan kamu sedang lelah. Entah karena memendam perasaan atau karena sakit hati. Caranya kamu bisa secara pelan-pelan mengungkapkan semua perasaan yang membebanimu.

Istirahat sosial atau hubungan

Istirahat sosial ini kamu butuhkan bila kamu sedang lelah karena habis bertemu dengan banyak orang atau kamu bertemu dengan orang yang toksik. Me-time merupakan istirahat yang dilakukan untukjenis yang ini.

Itulah jenis istirahat menurut psikologi yang bisa kamu lakukan sesuai dengan kebutuhanmu.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*