4 Tip Ampuh Tidur Nyenyak dan Sehat Agar 2021 Lebih Bugar

Tidur nyenyak dan berkualitas (KalderaNews/Ist)
Tidur nyenyak dan berkualitas (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahun baru, optimis baru. Meskipun keadaan dunia yang masih serba tidak pasti karena pandemi Covid-19, namun jangan mengurangi keinginan untuk hidup yang lebih sehat. Salah satunya adalah mengoptimalkan jam malam untuk tidur 7-8 jam.

Tidur merupakan aktivitas yang mudah, namun kenyataannya masih banyak yang berusaha keras untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Bahkan, jika kamu sudah tidur 7-8 jam per malam, tetap saja badan terasa pegal dan kepala pusing.

Konsistensi adalah kunci kesuksesan untuk menggapai resolusi hidup yang lebih sehat. Supaya tidur kamu semakin nyenyak, maka terapkan 4 tip ampuh tidur nyenyak dan sehat untuk 2021 yang lebih bugar. Kelihatannya gampang, namun sekali saja tidak konsisten, maka pola menjadi acak-acakkan lagi.

BACA JUGA:

Hindari Kafein 6 Jam Sebelum Tidur

Minum minuman berkafein tidak hanya mengganggu tidur Anda jika Anda meminumnya tepat sebelum tidur. Sebuah studi tahun 2013 di Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa kafein dosis sedang sebelum tidur, 3 jam sebelum waktu tidur, atau 6 jam sebelum waktu tidur masing-masing memiliki efek signifikan pada gangguan tidur.

Dengan kata lain, Anda mungkin sebaiknya tetap minum kopi dan teh di pagi atau sore hari. Jika Anda ingin minum sesuatu yang hangat di malam hari, saya sarankan Anda mencari teh herbal. Bahkan ada campuran tertentu yang mengandung chamomile, mint, atau herbal lain yang dapat membantu relaksasi dan tidur.

Olahraga di Pagi Hari

Olahraga teratur sangat baik untuk tingkat energi, fungsi otak, dan kesehatan umum Anda. Namun, olahraga juga meningkatkan suhu inti tubuh Anda dan memberi sedikit tekanan pada sistem saraf pusat Anda.

Kedua faktor ini bisa membuat Anda lebih sulit tertidur. Hindari masalah ini dengan mengalihkan olahraga Anda ke pagi hari. Selain menghirup udara segar, badan juga terasa lebih bugar karena terkena oksigen pagi hari dan sinar matahari yang sehat.

Batasi Eksposur Anda ke Cahaya Biru

Mata kita mengandung mekanisme luar biasa yang disebut sel ganglion retina fotosensitif. Sel-sel ini memantau jumlah cahaya biru di lingkungan kita, meningkatkan produksi melatonin (hormon pemicu tidur) ketika jumlah cahaya biru berkurang.

Pada dasarnya, yang dulu berarti bahwa kita secara alami akan lelah saat matahari terbenam, karena cahaya biru tidak muncul secara alami saat hari gelap. Namun, di dunia kita saat ini, kita memiliki banyak sekali ponsel, komputer, dan layar lain yang memancarkan cahaya biru sepanjang waktu.

Usahakan jauhkan mata dari layar apapun saat jam sembilan malam. Dengan demikian, cahaya biru tidak menganggu mata yang malah membuat penglihatan jadi kaku dan susah tidur. Setel ponsel dalam keadaan airplane sebelum tidur.

Optimalkan Lingkungan Tidur Anda

Gantilah bantal Anda setiap beberapa tahun. Ini untuk mendukung kualitas tidur yang lebih nyaman dan lebih higienis. Lalu, atur suhu ruangan untuk tidur yang optimal. National Sleep Foundation merekomendasikan antara 60 dan 70 derajat Fahrenheit (16 dan 21 derajat Celcius).

Lalu, tidur dengan cahaya redup, bahkan gelap lebih baik karena tubuh juga ikut beristirahat. Kurangi cahaya luar yang tidak diinginkan menggunakan tirai anti tembus pandang. Jika takut gelap, maka pakai lampu tidur yang memiliki tombol pengatur intensitas cahaya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*