Panic Attack? Begini Tanda-Tanda yang Bisa Kamu Kenali Menurut Psikologi




Ilustrasi: Serangan panik atau panic attack yang bisa menyerang siapa saja, termasuk pelajar dan mahasiswa. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Serangan panik atau panic attack bisa kita alami di mana saja dan tiba-tiba seperti namanya. Kondisi ini merupakan situasi saat kita merasa ketakutan atau panik dengan seketika tanpa alasan yang jelas.

Panic attack ini bisa muncul sesekali, sering, atau bahkan berkelanjutan denganw aktu yang tidak bisa diduga dan dalam kondisi apa pun. Lokasinya pun bisa acak. Jika panic attack ini berkelanjutan, mungkin mengarah ke panic disorder atau gangguan panik dan ini sebaiknya ditangani oleh ahlinya.

BACA JUGA:

Inilah tanda-tanda yang bisa kita kenali bila kita mendapatkan serangan panik atau panic attack.

Panik atau takut secara tiba-tiba

Kondisi ini bisa terjadi dengan ibarat tidak ada apa-apa tetapi kita merasa panik sendiri. Atau situasi yang menurut orang lain biasa saja bisa memunculkan serangan panik ini. Biasanya aka berlangsung dalam 10-20 menit dan setelah itu akan hilang dengan sendirinya tergantung situasi dan kondisi.

Muncul gejala fisik                         

Muncul gejala-gejala fisik yang dapat kita kenali seperti sesak nafas, badan gemetar, keringat dingin, sakit perut (bisa berupa rasa mulas atau bahkan mual), mulut kering, jantung berdebar lebih kencang, dan gelisah. Gejala fisik tiap orang ini muncul berbeda-beda pada setiap orang.

Penyebab yang tidak pasti

Panic attack ini membuat kita sendiri tidak tahu mengapa bisa panik. Bahkan kita yang mengalaminya merasa tidak terjadi apa-apa.

Bila kita mendapat serangan panik ini, beberapa hal yang harus kita ingat untuk segera dilakukan adalah:

  • Mengatur nafas. Tarik nafas panjang, tahan, dan buang. Ulangi beberapa kali sampai terasa tenang.
  • Minum air putih untuk membantu suplai oksigen ke otak.

Bila dengan dua cara ini belum berhasil, kita bisa meminta bantuan pada orang sekitar kita.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*