3 Pesan Penting Retno Marsudi kepada Penerima Beasiswa LPDP 2022




Sambutan Retno Marsudi Menlu RI pada Penerima Beasiswa LPDP 2022 (Dok. KalderaNews/NovaYulfia)
Sambutan Retno Marsudi Menlu RI pada Penerima Beasiswa LPDP 2022 (Dok. KalderaNews/NovaYulfia)

JAKARTA, KalderaNews.com – Retno L.P Marsudi, Menteri Luar Negeri RI memberikan pesan penting kepada para penerima beasiswa LPDP pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Mengusung tema Refleksi Merah Putih: “Aku Pergi untuk Kembali” acara Persiapan Keberangkatan Aangkatan 191 – Supernova dan 192 – Acitya Syandanatersebut dihadiri seluruh penerima beasiswa LPDP secara online.

Tahun ini adalah satu dekade LPDP dimana LPDP adalah penyelenggara program beasiswa magister dan doktoral untuk putra-putri terbaik Indonesia, pendanaan riset komersial atau implementatif untuk mengakselerasi inovasi bangsa.

BACA JUGA:

Di tengah kesibukan Retno Marsudi sebagai Menlu mendampingi presiden Indonesia melakukan lawatan ke beberapa negara baru-baru ini seperti ke Ukraina, Rusia, RRC, Jepang, Korsel dan menghadiri pertemuan para menteri luar negri ASEAN dan para menteri luar negeri mitra wicara ASEAN, ia berbagi pengalamannya sebagai diplomat.

Wanita kelahiran Semarang itu memaparkan tentang pejuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 lalu yang tidak bisa dilepaskan dari peran para pemuda.

Menurutnya, peran pemuda Indonesia pada tahun 1945 dengan gagah berani memperjuangkan bangsa atas kepentingan nasional kemudian berujung pada kemerdekaan.

Selanjutnya Menlu Retno menyebutkan bahwa tahun ini Indonesia memegang peranan penting di mata dunia, yakni Presidensi G20 dimana KTT nya akan berlangsung pada bulan November 2022 mendatang dan tahun depan akan menjadi Ketua ASEAN.

Oleh karena itu terkait dengan keberangkatan para penerima beasiswa LPDP tahun ini, ia memberikan pesan-pesan penting yang harus diingat sebagai duta bangsa di luar negeri nantinya.

Berikut 3 pesan penting dari Menlu Retno yang juga merupakan benang merah dari perjuangan masa lampau yang masih relevan dan dapat menjadi bekal para pemuda awardee LPDP angkatan 191 dan 192:

  • Perkuat semangat persatuan dengan merawat keberagaman.
  • Selalu menjadi part of solution serta berani memberikan rekomendasi yang konkret.
  • Berkontribusi dalam pembangunan Indonesia

Mengaitkan dengan tema “Pergi untuk Kembali”, Retno menyampaikan pesan kepada seluruh para mahasiswa yang akan berangkat kuliah ke luar negeri untuk memegang teguh citra bangsa di mata dunia.

“Teman-teman akan kuliah ke luar negeri, kita harapkan akan kembali untuk membangun negeri, dimana kalian adalah duta Indonesia di luar negeri dan setiap langkah yang diambil adalah cerminan dari Indonesia,” tutur Menlu Retno.

Sejauh apapun apapun para pemuda mencari ilmu ke luar negeri, maka ketika pulang kembali ke Tanah Air untuk mengabdi pada Tanah Air.

Karena dengan mengabdi itulah caranya supaya ilmu yang didapatkan di luar negeri dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Retno menegaskan kembali bahwa para penerima beasiswa LPDP mendapatkan dana untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri yang didanai oleh uang rakyat.

Retno juga meminta komitmen para mahasiswa penerima beasiswa LPDP untuk kembali ke Tanah Air membangun negeri menjadikan Indonesia lebih baik untuk semua.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*