Jarang Diketahui, 26 September Hari Statistik Nasional, Begini Sejarahnya




Ilustrasi: Statistik. (Ist.)
Ilustrasi: Statistik. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 26 September, kita memperingati Hari Statistik Nasional. Bagaimana sejarah penetapannya?

Nah, tanggal itu dipilih lantaran tepat 62 tahun silam diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik, 26 September 1960.

Kegiatan statistik di Indonesia sebenarnya sudah dilaksanakan sejak masa Pemerintahan Belanda oleh lembaga yang didirikan oleh Direktur Pertanian. Kerajinan, dan Perdagangan (Directeur Van Landbouw Nijverheid en Handel) di Bogor, pada Februari 1920.

BACA JUGA:

Dan pada 24 September 1924, kegiatan statistik pindah ke Jakarta dengan nama Centraal Kantoor Voor De Statistiek (CKS) dan melaksanakan sensus penduduk pertama di Indonesia pada 1930.

Medio 1942-1945, masa Pemerintahan Jepang di Indonesia mengubah CKS menjadi Shomubu Chosasitsu Gunseikanbu dengan kegiatan memenuhi kebutuhan perang atau militer.

Sesudah Kemerdekaan RI, lembaga itu pun dinasionalisasikan menjadi Kantor Penyelidikan Perangkaan Umum Republik Indonesia (KAPPURI) yang dipimpin Mr. Abdul Karim Pringgodigdo.

Dan pada 1950, KAPPURI dan CKS dilebur menjadi Kantor Pusat Statistik (KPS) yang berada di bawah tanggung jawab Menteri Kemakmuran.

tujuh tahun berjalan, berdasar Keppres X Nomor 172, 1 Juni 1957, KPS berubah nama jadi Biro Pusat Statistik dan bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

Biro Pusat Statistik dibentuk berdasarkan UU No. 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU No. 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

BPS pun melaksanakan sensus penduduk pada 1961. Inilah sensus penduduk pertama setelah Indonesia merdeka.

Dan pada 19 Mei 1997, berdasar UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Biro Pusat Statistik diubah namanya menjadi Badan Pusat Statistik (BPS).

BPS sendiri merupakan lembaga pemerintahan non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden yang berperan dalam penyediaan data statistik nasional maupun internasional.

Penetapan Hari Statistik Nasional sendiri baru dilakukan pada 1996 berdasarkan SK Menteri Sekretaris Negara RI No. B.259/M.Sesneg/1996 tanggal 12 Agustus 1996.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*