Nobel Perdamaian 2022 Dianugerahkan pada Aktivis HAM Belarusia Ales Byalyatski dan 2 Organisasi HAM Rusia dan Ukraina

Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Aktivis hak asasi manusia Belarusia yang dipenjara Ales Byalyatski, organisasi hak asasi manusia Rusia “Memorial” dan organisasi hak asasi manusia Ukraina “Center for Civil Liberties” memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2022 pada Jumat ini.

“Komite Nobel Norwegia ingin menghormati tiga pemenang luar biasa untuk perjuangan hak asasi manusia, demokrasi dan semangat hidup berdampingan secara damai di negara-negara tetangga Belarus, Rusia dan Ukraina,” kata Ketua Komite Berit Reiss-Andersen.

BACA JUGA:

Ia lantas meminta Belarus untuk membebaskan Byalyatski dari penjara.

Hadiah Nobel Perdamaian, senilai 10 juta Kronor Swedia atau sekitar $900.000 akan diberikan di Oslo pada 10 Desember, tanggal peringatan kematian industrialis Swedia Alfred Nobel yang mendirikan penghargaan ini dalam wasiatnya pada tahun 1895.

“Para penerima Hadiah Perdamaian mewakili masyarakat sipil di negara asal mereka. Mereka telah bertahun-tahun mempromosikan hak untuk mengkritik kekuasaan dan melindungi hak-hak dasar warga negara,” kata Komite Nobel Norwegia dalam pernyataannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*