Inilah Isi Lengkap Sambutan Penasihat KORPRI Kemendikbudristek pada HUT Ke-51 KORPRI




JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 29 November kita memperingati Hari Korpri atau Korps Pegawai Republik Indonesia.

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tema Hari Korpri pada 2022 adalah “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri”.

Hari Korpri diperingati bertepatan dengan terbentuknya Korpri, yakni pada 29 November 1971.

BACA JUGA:

Kemendikbudristek pun telah merilis pidato atau sambutan penasihat KORPRI pada HUT Ke-51 KORPRI. Seperti apa isinya? Berikut ini isi lengkapnya:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati,

  1. Para pejabat di lingkungan Kemendikbudristek, beserta
  2. segenap anggota KORPRI di lingkungan Kemendikbudristek.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt., Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini, dalam keadaan sehat walafiat pada Hari Ulang Tahun ke-51 KORPRI.

Ibu/Bapak yang saya hormati, KORPRI adalah wadah yang terdiri atas ASN, untuk ASN, dan oleh ASN. Oleh karena itu, KORPRI memiliki peran dalam mendukung ASN melaksanakan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara negara.

Pada ulang tahun yang ke-51 ini, saya berharap KORPRI (khususnya di lingkungan Kemendikbudristek) dapat berperan lebih dalam mendukung Ibu/Bapak semua. Tantangan-tantangan yang kita hadapi terus-menerus berubah. Oleh karena itu, KORPRI pun perlu menyesuaikan, terutama dalam memberikan dukungan yang relevan kepada para ASN.

Ibu/Bapak yang saya hormati,
KORPRI adalah rumah kita bersama. Artinya, jika kita ingin KORPRI berperan lebih, kita perlu partisipasi aktif Ibu/Bapak semua.

Pada Musyawarah Nasional KORPRI IX (ke sembilan) kemarin, ada 4 (empat) program Utama KORPRI yang telah ditetapkan, yakni:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi.
  2. Menguatkan ideologi dan karakter ASN.
  3. Perlindungan Karier dan bantuan hukum ASN.
  4. Peningkatan kesejahteraan ASN.

Empat program tersebut adalah bukti bahwa KORPRI ingin bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh ASN yang merupakan anggotanya.

Seperti perkumpulan profesi lainnya, KORPRI juga perlu menjadi wadah bertukar-pikiran bagi para anggota agar bisa berinovasi, belajar hal baru, dan lebih kritis dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Masalah yang muncul saat ini dan di masa depan menuntut kapasitas birokrasi yang lebih tinggi. Kita perlu mencari cara agar bisa melayani masyarakat dengan makin cepat, makin baik, dan makin murah.

Upaya tersebut tidak bisa dilakukan sendiri melainkan harus bersama-sama. Lebih banyak kepala yang peduli akan memberikan lebih banyak perspektif. KORPRI, sebagai wadah ASN dari berbagai unit kerja sebenarnya sangat ideal dalam memberikan pandangan yang lebih luas.

Ibu/Bapak yang saya hormati,

Jika kita melihat KORPRI sebagai suatu perkumpulan profesi, ada satu pembeda yang kita perlu sadari dan pahami bersama. KORPRI adalah perkumpulan para penyelenggara negara. Artinya, anggota KORPRI harus mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Bahkan, kita sudah melakukan Sumpah/Janji untuk menjadi benteng bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Oleh karena itu, mau tidak mau, kita harus secara aktif berperan menjadi teladan dan memegang nilai-nilai ASN, yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Selain itu, kita juga harus menjunjung nilai toleransi, menghalau radikalisme-fanatisme, dan mengutamakan hajat hidup seluruh rakyat, bukan hanya segelintir golongan saja.

Ibu/Bapak yang saya hormati,
Demikian yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi, SELAMAT HARI ULANG TAHUN KE-51 KORPRI! “ASN bersatu, KORPRI tangguh dan Indonesia Tumbuh”

Semoga Allah Swt., Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa membimbing, melindungi dan melimpahkan taufik serta hidayah-Nya kepada kita sekalian, Aamiin.

Wabillahi taufik wal hidayah, Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

PENASIHAT KORPRI KEMENDIKBUDRISTEK
Ir. Suharti, MA., Ph.D.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*