Natal di Katedral Jakarta Berbalut Kekayaan Nusantara, Ada Wayang dan Kandang Sapi 100 Tahun

Dekorasi wayang Natal di Katedral Jakarta. (detik.com)
Dekorasi wayang Natal di Katedral Jakarta. (detik.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hiasan wayang modern yang melukiskan kisah kelahiran Yesus menjadi ornamen Natal di Katedral Jakarta.

Tahun ini, hiasan Natal di Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga Jakarta mengambil tema “Kekayaan Nusantara”.

BACA JUGA:

“Kami mengambil konsep bahwa kita ingin mempertegas komitmen kita untuk memelihara, merawat kebhinekaan, merawat juga kebangsaan kita, ciri Nusantara. Salah satunya ini mengambil corak wayang modern dengan cutting, dengan konsep ada siluet dengan memakai tiga panel,” ujar Pastor Kepala Katedral Jakarta, Romo Albertus Hani Rudi Hartoko SJ.

Romo Rudi juga mengatakan bahwa ada sebuah kandang Natal yang digunakan dalam dekorasi yang merupakan kandang sapi asli dari Yogyakarta.

“Di belakang juga ada kandang Natal. Ini kandang Natal, kandangnya beneran. Kita cari di Yogyakarta dan ketemu. Bekas kandang sapi beneran, kita pakai di situ untuk melestarikan kandang. Umur kadang ini mungkin hampir 100 tahun,” papar Romo Rudi.

Selain itu, ada pula beberapa ornamen boneka yang menggunakan baju adat dari beberapa daerah di Indonesia.

“Di depan ada pohon Natal alami, lalu ada hiasan boneka- boneka Nusantara yang mewakili sebagian suku bangsa yang ada di Indonesia. Di plaza depan ada juga patung keluarga kudus, Yesus, Maria, dan Yosef, didampingi dua pasang boneka Nusantara, yaitu ondel-ondel dan satu dari Kalimantan yang menggambarkan Ibu Kota Nusantara,” kata Romo Rudi.

Misa Malam Natal

Pada malam Natal ini, Gereja Katedral Jakarta menggelar Misa sebanyak tiga kali, yaitu pukul 16.30, 19.00, dan 21.30 WIB.

Kapasitas umat yang disediakan untuk ibadah perayaan Natal kali ini lebih dari 2.000 atau 50 persen dari kapasitas maksimal.

Sekira pukul 20.15 WIB, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengunjungi Katedral Jakarta. Terlihat pula Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo menyambut Kapolri dan Panglima TNI.

Setiba di lokasi, mereka segera memasuki Katedral Jakarta, lalu mengucapkan selamat Natal kepada seluruh umat Katolik yang hadir.

Jadwal Misa Natal Pagi

Esok pagi, perayaan Natal di Katedral Jakarta akan menggelar 3 kali Misa Natal, yaitu:

  • Pukul 08.30 WIB : digelar secara offline dan online. Misa pontifikal yang dipimpin oleh Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo.
  • Pukul 11.00 WIB : digelar secara offline dan merupakan Misa Natal khusus untuk anak-anak.
  • Pukul 17.00 WIB : digelar secara offline dan online.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*