Prof. Nizam: Di SNPMB 2023, Siswa Daftar Sekali Bisa Pilih Politeknik, Universitas, atau Institut




Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. (KalderaNews.com/Ist.)
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu yang akan ikut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), cukup mendaftar sekali, tapi bisa pilih politeknik, universitas, atau institut.

Kemendikbudristek sendiri telah menyederhanakan penerimaan mahasiswa baru melalui SNPMB.

Dengan perubahan ini, calon mahasiswa bisa mendaftar di satu akun SNPMB bisa memilih vokasi maupun akademik.

BACA JUGA:

“Calon mahasiswa baik dari SMA/SMK/MA cukup mendaftar sekali dan pilihannya bisa ke politeknik, universitas, atau institut, dan sebagainya. Secara terbuka dan sangat efisien, hemat waktu, dan biaya bagi calon mahasiswa serta lebih efisien dalam segi penyelenggaraan,” ujar Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Nizam.

Sementara, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati mengatakan, Kemendikbudristek mendorong integrasi seleksi mahasiswa baru perguruan tinggi negeri, baik vokasi maupun akademik.

“Kami harapkan mereka yang ada di SMA/SMK/MA dapat secara lebih terbuka memilih pendidikannya di perguruan tinggi,” ujar Kiki.

Maka, bagi calon mahasiswa dari SMA/SMK/MA yang ingin mendaftar di universitas bisa memilih D3/D4.

Kiki pun menyebut bahwa calon mahasiswa dari SMA/SMK/MA yang ingin memilih vokasi juga terdapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Pada 2023, terdapat 137 peserta SNPMB 2023. Rinciannya, 76 PTN akademik, 43 PTN Vokasi/Politeknik Negeri, dan 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Prof. Nizam mengatakan, transformasi penting pada SNPMB 2023 yakni tes masuk tidak lagi berbasis subjek mata pelajaran, tapi kesiapan belajar di perguruan tinggi.

“Semoga hajat besar kita di 2023 lancar dan dapat mengantarkan anak-anak kita untuk mendapatkan perguruan tinggi terbaik sesuai dengan prestasi, minat, dan bakatnya,” kata Prof. Nizam.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*