Kelas 12 Merapat Yuk! Inilah Kiat Masuk PTN Lewat SNPMB 2023




Siswa SMA. (ISt.)
Siswa SMA. (ISt.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 sudah di depan mata.

Tetapi, kamu masih galau menentukan pilihan kampus dan program studi?

BACA JUGA:

Nah, mumpung masih ada waktu untuk persiapan, yuk pantau 10 kiat agar lebih siap mengikuti SNPMB 2023:

Cari informasi yang lengkap

Langkah pertama yang harus kamu dilakukan adalah melakukan riset. Di era sekarang, mencari informasi amat mudah dengan bantuan jejaring internet.

Pertama-tama, pahami dulu tentang SNPMB 2023. Baru kemudian, tentukan kampus, program studi pilihan, sampai biaya kuliah dan biaya hidup di sekitaran kampus pilihan.

Tentukan tujuan kuliah

Setelah informasi lengkap, kini saatnya kamu menentukan tujuan melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Tujuan inilah yang akan memandu kamu selama menjalani masa kuliah.

Pilih beberapa universitas pilihan

Kamu bisa memilih beberapa universitas terlebih dahulu, sebelum menentukan satu pilihan, tentu berdasarkan hasil riset kamu. Lalu pertimbangkan kampus mana yang terbaik untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan tujuan kamu.

Perhatikan reputasi universitas

Salah satu cara menentukan pilihan kampus adalah dengan melihat dan membandingkan reputasi kampus.

Dan, pilihlah kampus yang memiliki reputasi dan akreditasi sehingga memberikan pendidikan yang berkualitas.

Pertimbangan lokasi

Dari hasil riset di langkah pertama tadi, kamu juga bisa mempertimbangkan soal lokasi kampus. Lokasi kampus pilihan, tentu akan menentukan besaran biaya yang mesti kamu keluarkan.

Misal, jika kamu memilih kampus di luar kota, tentu perlu ongkos transportasi dan kos-kosan. Tapi jika kamu memilih kampus di dalam kota kamu, akan lebih menghemat pengeluaran biaya.

Fasilitas kampus

Sebelum memilih kampus, kamu juga perlu mengecek fasilitas yang tersedia. Artinya, pilihlah kampus yang memiliki fasilitas penunjang kegiatan perkualiahan kamu.

Biaya kuliah

Soal biaya ini juga penting menjadi pertimbangan kamu. Maka, membandingkan biaya kuliah di antara beberapa universitas pilihan juga mesti kamu dilakukan.

Karena, biaya kuliah ini juga harus disesuikan dengan penghasilan orangtua atau wali kamu, agar kamu tidak terkendala biaya di pertengahan masa kuliah.

Daya tampung

Daya tampung sebuah kampus ternama biasanya sangat terbatas, dengan persaingan yang tinggi. Maka, kamu teteap harus mempertimbangkan peluang masuk dan kemampuan diri sendiri.

Konsultasi dengan orang terdekat

Diskusikan semua pertimbangan kamu dengan orang-orang terdekat, seperti guru, orangtua, teman, kakak kelas, dan yang lain.

Berdamai dengan realitas

Kamu bisa saja bercita-cita kuliah kampus ternama dengan program studi yang paling favorit. Namun, dalam menentukan pilihan tetap harus realitis.

Maka, data sangat penting untuk menentukan pilihan kuliah, baik data tentang kemampuan diri kamu sendiri maupun data-data hasil riset kamu terkait kampus dan prodi pilihan, termasuk soal biaya.

Nah, itulah beberapa kiat yang bisa diterapkan para siswa kelas 12, agar bisa kuliah di kampus dan prodi pilihan kamu.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*