Guys, Walau Pintar Merangkai Kata, ChatGPT Ternyata Lemah Matematika

Profesor Wharton Business School, Christian Terwiesch, sedang mengajar mahasiswanya (Wharton)
Profesor Wharton Business School, Christian Terwiesch, sedang mengajar mahasiswanya (Wharton)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, Kalderanews.com — Hello Guys, bila kamu berharap ChatGPT bisa dimintai tolong mengerjakan pe-er mata pelajaran apa saja, bersiaplah kecewa, Bro. Program kecerdasan buatan ini ternyata lemah dalam Matematika. Jangankan untuk menjawab soal Matematika SMA, apalagi Perguruan Tinggi, kemampuan Matematika ChatGPT tak lebih baik dari adik kamu siswa kelas 6 Sekolah Dasar.

Tentang hal ini, Bro & Sis dapat menyimak penjelasan Christian Terwiesch,  professor  University of Pennsylvania’s Wharton School. Ia sudah melakukan pengujian terhadap ChatGPT secara bertahap. Dalam pengujian ketiga terungkap kelemahannya.

“Ia membuat serangkaian kesalahan Matematika yang sangat bodoh yang tidak akan dilakukan oleh siswa kelas enam – itu benar-benar ironi,” begitu penjelasan Terwiesch dalam wawancara dengan Businessweek, 4 Februari 2022.

Menurut dia, ChatGPT memang dapat merangkai kata untuk menjelaskan sesuatu dengan baik. “Ia menerapkan logika dan penalaran yang bagus dan memiliki pemahaman konseptual yang baik, tetapi tidak dapat mengerjakan Matematika,” kata Terwiesch.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*