Menteri Nadiem: Sekolah Segera Bentuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan

Mendikbud Nadiem Makarim. (Dok. Kemendikbud)
Mendikbud Nadiem Makarim. (Dok. Kemendikbud)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mendesak setiap sekolah segera membentuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK).

Hal ini merupakan tindak lanjut pengesahan Permendikbudristek PPKSP Nomor 46 Tahun Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota juga didorong membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk menindaklanjuti kasus kekerasan di satuan pendidikan.

BACA JUGA:

“TPPK dan Satuan Tugas perlu dibentuk dalam waktu 6 sampai 12 bulan ke depan setelah peraturan ini disahkan,” kata Menteri Nadiem.

Hal itu disampaikan saat peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-25: Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan, Selasa, 8 Agustus 2023.

Menteri Nadiem menjelaskan bahwa dibentuknya TPPK dan Satgas ini agar kekerasan di satuan pendidikan dapat segera ditangani.

Tugas dari TPPK dan Satgas

Bila ada laporan kekerasan, lanjut Menteri Nadiem, dua kelompok kerja ini harus melakukan penanganan kekerasan dan memastikan pemulihan bagi korban.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*