Ratih Ananda Putri: Tips dan Pengalaman Meraih Beasiswa StuNed 2019




Peraih Beasiswa StuNed 2019, Ratih Ananda Putri
Peraih Beasiswa StuNed 2019, Ratih Ananda Putri (KalderaNews/Fajar H)

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu penerima Beasiswa StuNed 2019 adalah Ratih Ananda Putri (21) dari Universitas Padjadjaran jurusan Hukum Internasional.

Berbicara pada KalderaNews di acara Welcoming Session StuNed Master Awardees 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Sabtu, 18 Mei 2019 lalu, ia pun berbagi tips dan pengalaman meraih beasiswa ke Negeri Kincir Angin tersebut.

Gadis remaja yang akrab disapa Putri ini akan kuliah ke Tilburg University Fakultas Law & Global Governance, khususnya di human rights.

BACA JUGA:

“Aku punya ketertarikan di isu-isu kemanusian, khususnya human rights,” tegas remaja putri yang baru lulus kuliah S1 pada Agustus 2018 lalu.

Pengalamannya meraih beasiswa ini memang cukup unik karena dilakukannya sambil bekerja. Saat ini ia kerja di sebuah corporate lawfirm di Jakarta.

“Aku tuh nyiapin ini semua sambil kerja. Aku nyiapin IELTS dari lulus, mulai dari yang intensif udah pernah, yang seminggu 3 kali dan pulang kerja nyiapin IELTS terus. Weekend aku nggak punya jatah libur sama sekali karena di weekend itu aku nyiapin IELST, motivation letter, dan lain-lain,” akunya.

Penerima Beasiswa StuNed 2019
Sebanyak 31 mahasiswa dan profesional muda Indonesia penerima beasiswa StuNed 2019 berpose bersama Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, Staf Penasihat Bagian Politik Kedutaan Belanda di Jakarta, Roy Spijkerboer, dan Koordinator Tim Beasiswa Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono di acara Welcoming Session StuNed Master Awardees 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Sabtu, 18 Mei 2019 (KalderaNews/JS de Britto)

Guna meyakinkan pilihannya akan beasiswa ini, ia pun bertanya pada mereka yang sudah ikut beasiswa, lolos beasiswa, dan bahkan ia minta kontak ke orang yang kenal StuNed Awardee. Ia bener-benar ingin tahu apa saja sih yang dicari sama StuNed. Ia pun akhirnya menemukan kalau umumnya yang dicari itu yang punya jiwa kepemimpinan.

Ia lantas berbagi 2 tips bagi siapa pun yang ingin mendapatkan beasiswa:

Pertama, yakin dulu mau jurusan apa dan jurusan ini ada tidak sih di bidang prioritas StuNed.

Kedua, bener-bener teliti. Di application form-nya harus benar-benar nggak ada yang salah sehingga harus teliti banget dan bener-bener mencerminkan yang bagus-bagusnya. Ini harus ditonjolin.

Penasaran dengan tips-tips lainnya? Simak video berikut ini. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*