Beasiswa Penuh S2 ke Belanda Orange Knowledge Programme (OKP) Tutup 24 Maret 2020




beasiswa kuliah studi s2 di belanda
Para peraih beasiswa Orange Knowledge Programme dari Indonesia saat ditemui KalderaNews di Belanda (KalderaNews/Fajar H)

JAKARTA, KalderaNews.com – Program lima tahun (2017-2022) dari Kementerian Luar Negeri Belanda berupa beasiswa penuh S2 bernama Orange Knowledge Programme (OKP) telah kembali dibuka dengan deadline pendaftaran 24 Maret 2020.

Kendati demikian, tenggat waktu (deadline) pendaftaran berbeda-beda per institusi pendidikan/universitas Belanda. Oleh sebab itu pelamar wajib menghubungi institusi pendidikan/universitas Belanda tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai tanggal penutupan aplikasi.

Dengan Orange Knowledge Programme (OKP) ini Kementerian Luar Negeri Belanda berkomitmen mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang inklusif di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan program peningkatan kapasitas melalui tiga modalitas yaitu beasiswa, training dan kerjasama institusi.

BACA JUGA:

Semua bidang yang termasuk dalam sasaran beasiswa OKP untuk pendaftaran 2020 ini terdaftar di Studyfinder menggunakan kolom filter ‘OKP qualifies – Yes’. Pelamar juga akan mendapatkan informasi kontak institusi pendidikan/universitas Belanda di laman tersebut.

Prioritas tema bagi Indonesia untuk program OKP adalah penegakan hukum dan keamanan (Security and Rule of Law), Air (Water) dan Ketahanan Pangan (Food Security). Penentuan tema ini didasarkan pada prioritas kerjasama bilateral antara Indonesia-Belanda dan serangkaian kegiatan konsultasi dengan pemangku kepentingan yang ada di Indonesia.

Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, para pelamar beasiswa datang dari berbagai macam latar belakang seperti pemerintahan, universitas, lembaga penelitian, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) hingga private sector.

Dan tentunya, beasiswa individual ini terbuka bagi para profesional muda yang berkewarganegaraan, menetap, dan bekerja di salah satu negara yang terdaftar di OKP Country List for Short Courses and Masters, termasuk Indonesia.

Lantas seperti apa tahapan pengajuan beasiswa S2 OKP ini?

  • Kandidat mendaftar ke program studi yang diminati ke institusi pendidikan/universitas Belanda
  • Institusi pendidikan/universitas Belanda mengajukan dan menyampaikan dokumen kandidat kepada komite seleksi
  • Kedutaan memeriksa dan menilai dokumen yang diajukan
  • Publikasi hasil seleksi
  • Pemberian beasiswa

Institusi pendidikan/universitas Belanda yang dituju juga dapat memberikan informasi lainnya terkait langkah pendaftaran, proses seleksi, maupun kriteria kandidat. Pelamar tentu perlu menghubungi institusi pendidikan/universitas Belanda tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai tanggal penutupan aplikasi.

Informasi lengkap terkait beasiswa S2 ini KLIK: Orange Knowledge Programme (OKP) 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*