Kamu Gagal SNMPTN 2020? Tak Perlu Baper dan Berkecil Hati, Ini 6 Pilihan Lainnya

naik sepeda saat kuliah di belanda
Naik sepeda pancal menjadi gaya hidup sehat penghuni kota Eindhoven yang terletak di provinsi Brabant Utara, selatan Belanda (KalderaNews/Fajar H)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jika kamu tidak lolos alias gagal masuk daftar 96.496 siswa yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi atau SNMPTN 2020 tak perlu berkecil hati dan baper. Dunia belum berakhir!

“Jangan berkecil hati, masih ada kesempatan lain. Siswa dapat mengikuti tahap selanjutnya melalui UTBK dan SBMPTN,” tandas Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), Prof. Mohammad Nasih.

BACA JUGA:

Lantas apa saja alternatif yang masih terbuka? Berikut ini 6 alternatif tersebut:

  1. Perguruan Tinggi Swasta (PTS)
    Banyak universitas swasta atau PTS yang memiliki kualitas tidak kalah dengan PTN. Bukan rahasia pula, banyak di antara lulusan PTS justru memiliki kemudahan dalam memperoleh kerja. So, kenapa tidak di PTS saja?
  2. Kuliah ke Luar Negeri
    Sempat kepikiran kuliah ke luar negeri? Why Not? Saat ini ada banyak beasiswa yang ditawarkan pada siswa Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri. Dijamin, pengalaman internasional kamu bakal unggul dibanding yang lainnya.
  3. Ikut UTBK dan SBMPTN 2020
    Kalau masih ngotot masuk negeri, tak perlu baper, kamu masih bisa mengikuti tahap selanjutnya melalui UTBK dan SBMPTN.
  4. Jalur Mandiri PTN
    Masih nggak lolos UTBK dan SBMPTN 2020? Masih ada satu jalur lagi yakni jalur mandiri PTN. So, pantengin jadwal dan informasi yang dikeluarkan setiap PTN.
  5. Sekolah Kedinasan
    PTN kedinasan juga bisa menjadi pilihan jika kamu memang sudah teguh hati memilih kampus negeri. Keuntungan PTN kedinasan, selain menyiapkan studi kamu juga sekaligus menyiapkan karier karena biasanya PTN kedinasan diikuti dengan ikatan dinas/kerja.
  6. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri
    Meski tak sepopuler SNMPTN dan SBMPTN, jalur PTKIN bisa menjadi pintu masuk di universitas negeri, kalau dirimu ngebet banget kuliah di negeri.

Diketahui, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), Mohammad Nasih menegaskan sebanyak 96.496 siswa dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*