Kenapa “Wkwkwk” Jadi Simbol Tertawa Online? Ternyata Begini Sejarahnya

Ilustrasi; Begini sejarah munculnya simbol "Wkwkwk". (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi; Begini sejarah munculnya simbol "Wkwkwk". (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu pasti sering menggunakan simbol “wkwkwk” untuk mengekspresikan tertawa secara online. Biasanya kamu pakai saat sedang chatting atau berbalas komentar di media sosial.

Tapi, tahukah kamu sejarah dari “wkwkwk”?

BACA JUGA:

Memang ada beberapa versi yang menjelaskan awal mula kemunculan “wkwkwk”. Yang pertama datang dari penjelasan Dio Wijayanto Nugroho di situs Quora.

Dio menjelaskan bahwa sekitar tahun 2003-2004, “hahaha” untuk ekspresi di kalangan para gamer masih terlalu formal. Maka, di komunitas gamer muncul ekspresi tertawa seperti “bwahaha”, “huehuehue”, dan “huahuahua”.

Seiring waktu, “huehuehue” masih terlalu formal, maka dibuat sederhana menjadi “hwhwhw”. Ini seperti perubahan “gua” menjadi “gw”.

Sekali lagi untuk alasan praktis, mengetik huruf “h” di keyboard komputer terlalu jauh dari jari tangan tangan, maka “h” diganti dengan “k”. Dan, lahirlah “wkwkwk”.

Sumber kedua menyebutkan bahwa “wkwkwk” adalah kependekan dari “gue tertawa”. “Gue” diwakili huruf “w”, sementara ketawa disimbolkan dengan huruf “k”.

Versi yang ketiga diungkapkan Muhammad Hakim di situs Quora. Di tahun 1990-an, komputer mulai populer di Indonesia. Saat itu, orang muda menggunakan tawa khas tokoh kartun Donald Duck untuk saling mengejek dalam percakapan sehari-hari. Tawa itu kemudian disimbolkan dengan “wkwkwk”

Simbol tertawa di negara lain

Rupanya tak hanya warganet Indonesia yang memiliki simbol tertawa. Di negeri lain juga memiliki simbol tertawa yang tentu berbeda-beda. Berikut beberapa simbol tertawa di negara lain:

Ha ha ha

Di negara berbahasa Inggris, biasanya mengekspresikan tawa dengan “ha ha” atau “Ha ha ha!” Tapi ada pula yang memakai “he he”, tetapi dengan kesan agak congkak atau mengejek.

Kkkkkk

Di negara yang berbahasa Portugis, terutama di Brasil biasanya memakai simbol “Kkkkk” untuk menunjukkan tawa.

Xaxaxa

Ini berlaku di Yunani, jika kamu kamu mau mengekspresikan tawa online yang terpingkal-pingkal.

Olololo

Jika kamu punya kenalan orang dari Rusia, coba ekspresikan tawa kamu dengan “Olololo” atau “олололо” dalam alfabet Sirilik.

Jajaja

Nah, kalau dalam bahasa online Spanyol, kamu bisa pakai “Jajaja” untuk tertawa. Ada pula yang memakai “jejeje” untuk tawa terpingkal.

Mdr

“Mdr” menjadi simbol tawa online dalam bahasa Perancis. “Mdr” merupakan singkatan dari mort de rire atau tertawa setengah mati.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*