6 Manfaat Positif Gawai dan Gadget pada Anak Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi: Masa pengenalan lingkungan sekolah. (Ist.)
Ilustrasi: Masa pengenalan lingkungan sekolah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menegaskan penggunaan gawai dan gadget pada anak saat pandemi Covid-19 sebenarnya mendatangkan sejumlah manfaat positif, kendati dalam praktiknya anak perlu didampingi saat sedang belajar jarak jauh maupun saat berada di rumah.

Ia menegaskan anak memang harus tetap dibatasi dalam penggunaan gawai atau gadgetnya, meskipun gadget sangat diperlukan untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh dengan guru sekolah.

Karena itu, orangtua wajib mengarahkan anak untuk menggunakan gadget untuk hal yang positif dan menumbuhkan sikap kritis terhadap anak mengenai dampak negatif daripada gadget.

BACA JUGA:

Berikut ini 6 manfaat positif yang secara tidak langsung bisa didapatkan, ketika anak-anak menggunakan ruang digital:

  1. Terbuka kesempatan belajar online (daring) yang tadinya mungkin tidak bisa, kini semua sudah bisa mengoperasikannya.
  2. Membangun relasi yang positif antar sesama usianya di berbagai daerah bahkan sampai dengan luar negeri. Dengan begitu, tingkat pergaulan para remaja bisa lebih luas, melalui penggunaan media internet. Anak bisa membangun relasi tidak hanya dengan teman-teman yang ada di lingkungannya saja.
  3. Dengan menggunakan teknologi internet anak juga dengan mudah mendapatkan berbagai pengetahuan tentang apapun. Bisa dipergunakan untuk mencari informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah secara daring saat Covid-19. Dengan internet kini mudah dalam mencari informasi apa saja sesuai dengan minat.
  4. Membuka peluang meningkatkan kreativitas para kaum anak dengan membuat konten-konten yang menarik. Dengan terinsipirasi dari berbagai konten yang unik yang berada di dunia maya. Bisa meningkatkan kreativitas karena dengan adanya internet adik-adik bisa menjadi content creator.
  5. Anak sedari dini telah mampu menggunakan teknologi internet dengan baik. Sehingga, ketika besar nanti ada kemungkinan dapat menggunakan teknologi tersebut dapat mencari peluang dalam industri yang saat ini sedang berkembang yakni grafis animasi.
  6. Anak dapat mengaktualisasikan diri dengan kebebasan yang bersifat positif. Misalnya, menggunakan teknologi internet sebagai medium untuk latihan hobi yang yang dapat disaksikan oleh banyak orang melalui ruang digital.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*