7 Kesalahan Pada Laptop yang Sering Tidak Disadari

Terlalu Lama Mengisi Baterai Latop Dapat Merusaknya (KalderaNews.com/Ist)
Terlalu Lama Mengisi Baterai Latop Dapat Merusaknya (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk menunjang produktivitas bekerja, laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang sangat diandalkan. Bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana membuatnya jadi primadona dalam beraktivitas.

Terlebih di masa pandemi saat ini, interaksi kita dengan laptop sangat meningkat. Banyak orang mengandalkannya untuk bekerja maupun mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dengan waktu pakai yang cukup lama, laptop juga butuh perawatan dan dipakai dengan baik agar lebih awet serta tidak mudah rusak.

BACA JUGA:

Namun, tanpa disadari 7 kesalahan ini sering kali kita lakukan saat menggunakan laptop. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Asal Mengunduh File Gratis

Hampir semua orang senang mendapatkan sesuatu yang gratis, termasuk file komputer seperti film. Benar, bukan? Namun, sembarangan mengunduh aplikasi/ file dan klik tombol “Ok” atau “Setuju” tanpa memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku dapat membuat laptop mudah terserang virus.

Karena itu, sebaiknya baca dengan teliti semua syarat sebelum mengunduh file.

2. Tidak Memasang Antivirus

Kesalahan lain yang dapat merusak laptop adalah tidak memiliki software antivirus. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah laptop terserang malware/virus. Jadi untuk Anda yang senang mengunduh berbagai file gratis dari internet, jangan lupa lindungi laptop dengan antivirus.

3. Tidak Mematikan Laptop Dengan Benar

Disadari atau tidak, banyak di antara kita yang hanya menutup laptop setelah digunakan tanpa mematikannya dengan benar. Entah karena lupa atau merasa masih akan digunakan esok hari, kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan.

Laptop yang tidak dimatikan dengan benar hanya akan masuk dalam mode sleep/tertidur dan membuat kinerja baterai jadi lebih boros.

4. Men-charge Baterai Terlalu Lama

Setelah seharian menggunakan laptop, banyak orang sering kali lupa meninggalkannya dalam kondisi masih mengisi daya baterai. Beberapa orang bahkan membiarkan laptopnya terus ter-charge semalaman.

Kebiasaan ini harus Anda hentikan karena dapat merusak komponen hardware pada laptop. Selain itu, baterai akan cepat panas yang akhirnya mengurangi masa pakai.

5. Memangku Laptop 

Demi alasan kenyamanan, tidak sedikit dari kita sering bekerja sambil memangku laptop di atas paha. Meskipun terlihat tidak masalah, kebiasaan ini dapat membuat laptop mengalami overheating atau baterai cepat panas.

Pasalnya, ventilasi perangkat terdapat di bawah dan memangkunya akan menghalangi aliran udara yang seharusnya keluar masuk. 

6. Membuka Terlalu Banyak Tab

Banyaknya tugas kadang membuat kita bisa membuka lebih dari 10 tab atau aplikasi pada laptop. Memang, laptop sangat memudahkan kita untuk melakukan multitasking. Namun, menggunakannya dalam waktu bersamaan hanya akan membuat laptop Anda bekerja terlalu keras. 

Akibatnya? Dalam jangka waktu panjang bukan tidak mungkin laptop menjadi panas dan lemot bahkan rusak.

7. Tidak Memperbaharui Sistem Operasi

Notifikasi untuk memperbaharui sistem operasi/software komputer memang kadang mengganggu. Namun, jangan terus diabaikan ya. Kebiasaan Anda yang malas meng-update software dapat berakibat buruk pada laptop.

Selain untuk alasan keamanan, update software juga berguna untuk memperbaiki bug atau error, memperpanjang umur baterai, membuat kinerja lebih cepat, dan memperkenalkan fitur baru pada laptop. 

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.





Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*