Menristekdikti Tantang BPPT Hasilkan Riset Bermanfaat Tinggi

Menristekdikti Tantang BPPT Hasilkan Riset Bermanfaat Tinggi
Menristekdikti Mohamad Nasir dan Ketua BPPT Hammam Riza (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza yang baru dilantik oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir ditantang untuk bisa mengarahkan penelitian dan inovasi yang berorientasi pada kebutuhan industri dan masyarakat.

Menristekdikti Mohamad Nasir menekankan bahwa melakukan riset, penerapan teknologi dan inovasi itu seharusnya bukan hanya berdasarkan keinginan (target) para perekayasa atau peneliti dari segi kemajuan ilmiah saja, tetapi harus melihat pasar dari produk-produk teknologi dan inovasi yang akan dihasilkan dan atau diterapkan.

“Kegiatan penelitian, penerapan, rekayasa teknologi harus berdasarkan ‘demand driven‘, harus ada yang meminta. ‘Market driven dan demand driven‘ harus jadi dasar untuk melaksanakan program-program BPPT di masa yang akan datang dan juga hal ini berlaku untuk LPNK lainnya di dalam koordinasi Kemenrsitekdikti, supaya hasil riset, teknologi dan inovasi punya manfaat tinggi,” tegas Menristekdikti.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*