Tidak Lulus SNMPTN, Jangan Galau! Ini 4 Langkah Yang Bisa Kamu Ambil

Ilustrasi: Tidak Lolos SNMPTN dan SBMPTN. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SNMPTN 2019 telah diumumkan. Kalian yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri tentu bergembira berhasil menggapai cita kuliah di universitas impian. Bagi kalian yang belum berhasil, jangan galau!

Tak lulus SNMPTN bukanlah akhir dari kisah kesuksesan kalian. Masih ada asa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Maka, janganlah sungkan berbincang dan menggali pengalaman dengan orang-orang yang sudah makan asam garam, seperti orangtua, guru, kakak kelas yang sedang kuliah, atau bahkan orang-orang di sekitar yang telah bekerja. Nah, berikut 4 langkah bagi kalian yang belum berhasil menembus SNMPTN.

Mengikuti Ujian Mandiri
Bagi yang masih bercita-cita kuliah di PTN, kalian bisa mengambil langkah mengikuti ujian mandiri. Segala informasi tentang hal ini bisa kalian cek di laman resmi PTN tersebut.

Tapi, biasanya beberapa PTN yang membuka jalur ujian mandiri memunggut biaya yang lebih mahal, mulai dari uang pangkal sampai uang per semester. Maka, kalian perlu membincangkan terlebih dahulu dengan orangtua atau keluarga.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*