Waktu SMA Dia Pernah Tidak Lulus Pelajaran Kimia, tetapi Kelak Meraih Nobel Bidang Kimia. Siapa Dia?

Tomas Lindahl, pemenang Nobel bidang Kimia tahun 2015. (nobelprize.org)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Tomas Robert Lindahl memenangi hadiah Nobel untuk bidang Kimia tahun 2015. Ahli dan peneliti kanker warga negara Swedia itu memperoleh penghargaan itu bersama Paul L. Modrich dari Amerika Serikat dan Aziz Sancer dari warga negara Turki. Penelitian mereka berkaitan dengan metode perbaikan DNA secara mekanistik.

Siapa sangka, Tomas Lindahl sewaktu di SMA pernah tidak lulus pelajaran Kimia. Ini menjadikannya satu-satunya pemenang hadiah Nobel bidang Kimia yang pernah tidak lulus mata pelajaran Kimia.

Penyandang gelar PhD bidang kedokteran dari Karolinska Institute, Swedia ini menceritakan pengalaman kurang menyenangkan itu dalam sebuah pidato untuk menghormati kemenangannya, pada tahun 2015.

Dikisahkannya, sewaktu SMA, ia menempuh pendidikan SMA di sekolah bernama Gimnasium Bromma, di pinggir kota Stockholm. Sekolah itu, menurut dia, memiliki guru yang unggul di bidang Kimia, Biologi, Matematika dan Sastra.

Dalam biografi ringkasnya yang dimuat di laman resmi Komite Nobel Swedia, nobelprize.org, ia bahkan mengingat beberapa nama guru tersebut. Yakni Fredrik Ehrnst (guru Matematika), Karin Brandt (guru Kimia) dan Gustaf Iverus (kepala sekolah),




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*