Kemendikbud Minta Guru Makin Inovatif dalam Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19

Peserta didik di sebuah asrama sekolah di Kuala Dua, Sanggau, Kalimantan Barat
Peserta didik di sebuah asrama sekolah di Kuala Dua, Sanggau, Kalimantan Barat (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad mengatakan selain mengajarkan pentingnya hidup bersih dan sehat, Corona Virus Desease (Covid-19) telah juga mengajarkan cara beradaptasi menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Ia menyebutkan ada 3 kelompok besar dalam pembelajaran di sekolah. Pertama,anak-anak yang sudah terbiasa dengan pembelajaran online karena sekolah sudah menerapkannya secara penuh.

“Sekolah ini tidak akan merasa kesulitan menghadapi pembelajaran jarak jauh karena sering mengakses aplikasi pembelajaran,” tandas Hamid.

BACA JUGA:

Kedua, sekolah dengan pembelajaran semi daring. Pemberian tugas dari guru kepada siswa dikirim melalui Whatsapp, tidak berinteraksi secara langsung.

Ketiga, anak-anak yang tidak bisa melakukan banyak hal karena keterbatasan infrastruktur dan daya dukung teknologi. Persoalan yang paling jadi perhatian adalah anak-anak yang tidak punya akses internet, listrik, dan TV.

Mengetahui masih terdapat daerah yang minim infrastruktur teknologi, jaringan internet dan listrik, ia berpesan bahwa proses pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan minat dan kondisi masing-masing anak di tiap daerah. Oleh karena itu, guru dan orangtua perlu rajin berkoordinasi dan jeli dalam mengadaptasi metode pembelajaranya.

Radio komunitas dan kunjungan guru ke rumah-rumah siswa secara berkala menjadi solusinya.

“Inilah saatnya guru melakukan inovasi pembelajaran sesuai dengan kondisi daerahnya,” terang Hamid.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*