Perpustakaan Universitas Maranatha Raih Akreditasi A, Kuy Lihat Ruang Bacanya yang Keren

Ruang baca di Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Maranatha, Bandung (maranatha.edu)

JAKARTA, KalderaNews.com — Universitas Kristen Maranatha Bandung menorehkan lagi satu prestasi. Perpustakaan pusat universitas ini berhasil meraih akreditasi A setelah menjalani proses penilaian pada Maret lalu. Hasil dari proses akreditasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia itu diumumkan melalui teleconference 3 Juni lalu.

“Bersyukur kepada Tuhan Yesus yang telah memberikan tim yang solid dan yang sudah bekerja keras di bawah kepempimpinan Bapak Heriyanto. Kami juga bersyukur atas bantuan dan dukungan dari pimpinan Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha (YPTKM) dan dari jajaran Rektorat di bawah kepimpimpinan Rektor, Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU. dan Wakil Rektor I, Olga C. Pattipawaej, Ph.D. yang mendampingi proses visitasi dari awal sampai akhir,” ungkap Direktur Akademik, Tiur Gantini, S.T., M.T., dikutip dari laman resmi universitas tersebut, maranatha.edu.

Ruang baca Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Maranatha, Bandung (maranatha.edu)

Menurut data tahun 2019, dari 235.908 perpustakaan di Indonesia, hanya 846 perpustakaan yang sudah terakreditasi. Dari yang sudah terakreditasi, hanya 14 persen yang merupakan perpustakaan perguruan tinggi.

BACA JUGA:

Proses penilaian dalam akreditasi meliputi sembilan komponen. Kesembilan komponen itu adalah: Layanan dan Kerjasama; Sumber Daya Manusia; Koleksi; Sarana dan Prasarana; Sumber Daya Elektronik; Gedung dan Ruang Perpustakaan; Anggaran; Pengelolaan Bahan; dan Organisasi Perpustakaan.

Program akreditasi yang dijalani Universitas Maranatha termasuk dalam program hibah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat. Akreditasi yang diraih, harap Tiur, akan meningkatkan poin akreditasi program studi dan Universitas Maranatha.

Sertifikat akreditasi Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Pusat, Heriyanto, S.S., M.I.Kom. mengatakan, raihan akreditasi unit yang dipimpinnya menjadi konfirmasi atas komitmen kampus menghadirkan fasilitas dan layanan yang prima. khususnya dalam bentuk perpustakaan. Menurut dia, staf perpustakaan memanfaatkan hasil akreditasi untuk mengetahui standar pengelolaan dan layanan yang telah ditetapkan dalam Standar Nasional Perpustakaan.

Ruang baca Perpustakaan Pusat Universitas Kristen Maranatha, Bandung (maranatha.edu)

“Hal ini menjadi konfirmasi sekaligus penyemangat bagi kami untuk terus berusaha memberikan yang terbaik untuk civitas academica Maranatha,” tambah Heri.

Penyerahan sertifikat akreditasi berlangsung 4 Juni 2020 di Dispusipda Jabar. Sertifikat diserahkan oleh Kepala Dinas Dispusipda Jabar, H. Riadi Yusuf, S.K.M., M.P.H. kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Pusat UK Maranatha, Heriyanto, S.S., M.I.Kom.


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*