Unik, Robot Wakili 532 Peserta Wisuda Daring Universitas Kristen Satya Wacana

Gradbot, robot ciptaan tim mahasiswa FT UKSW, mewakili peserta wisuda menerima ijazah dari Rektor dalam upacara wisuda virtual UKSW, 27 Juni 2020 (UKSW)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Sebuah prosesi yang unik tampak pada upacara wisuda Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, periode I tahun akademik 2020/2021 yang berlangsung pada Sabtu, 27 Juni 2020.

Sebagaimana tampak pada channel Youtube yang menyiarkannya, sebuah robot berperawakan seukuran manusia, berjalan dengan jubah toga lengkap, menghampiri Rektor. Rektor kemudian menyerahkan ijazah kepadanya, dan kemudian memindahkan tali kuncir topi wisuda.

Menurut keterangan situs resmi UKSW, robot tersebut adalah ciptaan tim Robotic Research Center (R2C) Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) UKSW. Tim ini sudah sering memperoleh gelar juara di ajang kompetisi nasional.
..

BACA JUGA:

Menurut Mitsal Ghapiqi, koordinator tim R2C FTEK UKSW, GradBot disusun oleh enam mahasiswa selama kurang lebih tiga minggu mulai proses perencanaan hingga jadi. Alat yang digunakan pun cenderung mudah didapatkan serta ekonomis. Sementara untuk kontrolernya dilakukan oleh user melalui smartphone.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*