Kamu Gagal SBMPTN 2020? Jangan Galau, Lakukan Saja 5 Hal Ini




Ilustrasi: Tips jika kamu gagal di UTBK SBMPTN. (Ist.)
Ilustrasi: Tips jika kamu gagal di UTBK SBMPTN. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ketika mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2020, kamu pasti menginginkan hasil yang terbaik. Kamu bisa lulus masuk ke perguruan tinggi negeri impian. Menjalani pendidikan dengan baik, dan langsung meraih karir yang cemerlang.

BACA JUGA:

Namun, persaingan yang ketat dalam UTBK SBMPTN membuat segala kemungkinan terjadi. Kemungkinan terburuk, kamu tidak lulus ujian saat pengumuman. Tapi jangan segera galau, Gaes!

Kegagalan dalam UTBK SBMPTN bukanlah akhir semuanya. Jangan terlalu larut dengan kegagalan itu. Segeralah bangkit dan menatap ke depan. Masih banyak kesempatan dan peluang yang sedang menanti perjalanan kamu.

Nah, inilah 5 langkah yang bisa kamu lakukan jikalau gagal dalam UTBK SBMPTN:

Ikuti Ujian Mandiri
Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Ujian Mandiri. Ini jalur yang diselenggarakan oleh PTN secara mandiri. Hanya saja, jalur ini cenderung lebih mahal. Maka, jika hendak melalui jalur ini, kamu mesti pastikan kondisi keuangan keluarga kamu.

Siapkan untuk ujian tahun depan
Bila kamu tetap ingin mencatatkan diri sebagai mahasiswa PTN, maka kamu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk PTN tahun depan. Kegagalan kamu tahun ini, tentu akan menjadi pelajaran berharga untuk lebih matang lagi dalam persiapan.

Ikut kursus keterampilan
Nah, selama mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tahun depan, kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti kursus-kursus kerampilan sesuai minat dan bakat kamu. Atau kamu juga bisa ikut kursus bahasa asing, yang tentu akan sangat bermanfaat kelak.

Kerja paruh waktu
Selain mengikuti kursus, kamu juga bisa mencoba untuk bekerja secara paruh waktu. Pengalaman di dunia kerja tentu akan membuat kamu lebih siap lagi dalam menghadapi ujian masuk PTN tahun depan.

Yuk daftar di universitas swasta!
Saat ini, fakta menyebutkan bahwa kualitas universitas swasta tak boleh diragukan lagi. Bahkan beberapa kampus swasta, kualitasnya bisa melebihi kampus negeri. Maka, opsi untuk kuliah universitas swasta bisa menjadi pilihan.

Apalagi saat ini, banyak beasiswa yang bisa kamu manfaat untuk kuliah di universitas swasta. Banyak pula perguruan tinggi swasta berkualitas yang biayanya terjangkau. Bahkan memberikan kemudahan pembayaran secara cicilan tiap bulan.

Nah, itulah beberapa langkah yang kamu lakukan ketika gagal dalam UTBK-SBMPTN 2020. Jangan galau, Gaes! Masih ada beribu kesempatan yang bisa kamu lakukan! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*