Ternyata Begini Cara Hadapi Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi

Ilustrasi: Cara hadapi tahun ajaran baru 2020/2021. (Ist.)
Ilustrasi: Cara hadapi tahun ajaran baru 2020/2021. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahun ini memang berbeda. Pandemi Covid-19 mengubah semua tatanan. Meski begitu, tahun ajaran baru 2020/2021 akan tetap dibuka mulai Senin, 13 Juli 2020.

Nah, kamu mesti bersiap-siap menghadapi tahun ajaran baru lho! Karena ini masih dalam masa pandemi, kamu mesti lebih siap menghadapinya. So, berikut beberapa tips agar kamu lebih siap menyambut tahun ajaran baru nanti:

BACA JUGA:

Makan dulu sebelum belajar
Sebelum belajar, sebaiknya kamu mengisi perut kamu terlebih dahulu. Karena belajar dalam keadaan perut kosong dapat mengurangi konsentrasi. American Psychological Association (APA) pernah menyebutkan bahwa rasa lapar dapat memengaruhi perkembangan otak, proses menyerap informasi dan pembelajaran, serta prestasi akademik.

Rasa lapar kerap dikaitkan dengan kadar gula darah rendah yang menyebabkan rasa kantuk dan lelah, yang ujungnya berpengaruh pada tingkatan konsentrasi tatkala belajar.

Namun di masa pandemi ini, kamu tidak cukup hanya kenyang saja. Kamu juga mesti memperhatikan asupan nutrisi. Konsumsilah makanan yang bergizi dan terjamin kualitas kebersihan dan kesehatannya.

Buat kelompok belajar online
Belajar sendiri di rumah pasti membosankan. Nah, kelompok belajar bisa menjadi alternatif menangkal kebosanan. Tapi, karena masih di masa pandemi, kelompok belajar dibuat secara online ya!

Kamu bisa mencari tiga sampai lima orang teman untuk membuat group kelompok secara online. Keuntungan yang kamu dapatkan dari belajar kelompok ini cukup beragam. Kamu bisa melengkapi catatan pelajaran satu sama lain, melatih kemampuan menjawab pertanyaan, serta memotivasi antarteman.

Tentukan target belajar
Jika kamu saat ini duduk di bangku kelas 12 SMA, artinya target kamu harus lulus SMA tahun depan dan masuk ke universitas impian kamu. Atau jika kamu saat ini masih di kelas 8 SMP, target kamu tahun depan adalah naik ke kelas 9, lalu mempersiapkan diri menggapai kelulusan di tahun berikutnya.

Kamu mesti membuat target-target belajar, entah yang berjangka pendek, sedang, maupun panjang. Dengan target ini, kamu bisa lebih mudah menentukan cara atau metode belajar yang tepat, serta apa saja yang perlu dipelajari.

Apresiasi diri sendiri
Setelah kamu berhasil mencapai target-target itu, kamu bisa memberikan hadiah kepada diri kamu sendiri (self reward). Hadiah itu bisa kamu ambil dari tabunganmu sendiri. Misal untuk traveling, makan-makan, atau membeli barang yang sudah kamu idam-idamkan.

Cara ini dipercaya bisa semakin memotivasi kamu untuk terus belajar lebih baik lagi. Selain itu, cara ini juga menjadi cara untuk menyegarkan kembali pikiran dan tenaga kamu.

Akrab dengan gadget
Jika sebelum pandemi Covid-19 gadget kadang menjadi “pengganggu” saat belajar, kini situasi berbalik. Saat ini, kamu mesti berteman akrab dengan gadget. Pembelajaran jarak jauh atau online pasti membutuhkan gadget.

Meski demikian, kamu harus tetap bijak dalam menggunakan gadget. Tujuan utamanya adalah tetap belajar, dan gadget hanya sebagai sarana pendukungnya.

So, itulah 5 tips menghadapi tahun ajaran baru di tengah masa pandemi Covid-19. Selamat mencoba dan tetap bersemangat, Gaes! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*