Bagi yang Tidak Mampu, Belajar Daring Itu Membebani

Rumah Belajar Online di Dusun Satak, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil, Pasuruhan, Jawa Timur
Rumah Belajar Online di Dusun Satak, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil, Pasuruhan, Jawa Timur (KalderaNews/LPBI NU)

PASURUHAN, KalderaNews.com – Beberapa lembaga pendidikan sudah memulai proses pendidikan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Namun untuk mencegah kluster baru Covid-19 dalam dunia pendidikan, sebagaian besar lembaga pendidikan memilih melanjutkan proses belajar mengajar secara daring.

Ketua LPBI NU Bangil Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, Yoyok Wachyudi menegaskan, bagi keluarga yang mampu, memfasilitasi anak-anaknya dalam proses belajar daring dengan teknologi baik alat maupun jaringan internet tentu tidak menjadi masalah yang berarti. Tapi bagi keluarga kurang mampu, minimnya sarana dan akses menjadi kendala yang luar biasa.

BACA JUGA:

Nah, guna mendukung belajar online anak-anak, LPBI NU Bangil menginisiasi adanya Rumah Belajar Online.

Rumah belajar yang berlokasi Dusun Satak Desa Manaruwi Kecamatan Bangil ini membantu warga sekitar, terutama anak-anak dalam melanjutkan belajar daring dengan berbagai fasilitas gratis mulai smartphone, laptop, jaringan internet, tempat belajar hingga APD.

Selain memfasilitasi anak-anak tetap belajar daring dari sekolah, Relawan LPBI NU Bangil juga memberikan bimbingan belajar tambahan di luar jam sekolah untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Yoyok menegaskan rintisan LPBI NU Bangil ini memang baru bisa mengakomodir kepentingan anak-anak dalam jumlah kecil karena keterbatasan ruangan, alat bantu pendidikan daring dan lain-lain.

Namun meski kecil, kegiatan ini bisa meringankan keluarga yang memiliki keterbatasan dalam memfasilitasi kegiatan belajar anak-anak mereka selama pandemi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*