5 Tip Sukses Wawancara Daring untuk Beasiswa Ke Luar Negeri

Ilustrasi wawancara daring (KalderaNews/ist)
Ilustrasi wawancara daring (KalderaNews/ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Meskipun pandemi Covid-19 masih melanda di seluruh dunia, tetapi kesempatan beasiswa masih terbuka lebar. Persiapkan tahap wawancara daring dengan sebaik mungkin, perhatikan hal-hal berikut dari segi kelayakan berwawancara:

Persiapkan diri

Jangan mengadakan wawancara di tempat yang backlight. Jika begitu, maka muka Anda tidak terlihat dan malah menimbulkan kesan tidak profesional. Adakan wawancara di tempat yang memiliki penerangan alami atau buatan yang cukup. Lalu, periksa koneksi internet dan gawai yang memadai. Lalu, buatlah penampilan kamu seperti profesional, maka dari kamu perlu memerhatikan aspek ruangan.

BACA JUGA:

Perkenalkan diri

Perkenalkan diri dengan lugas dan percaya diri. Sebut nama terlebih dahulu, lalu beberkan mengenai status pekerjaan/mahasiswa. Tidak apa-apa menjelaskan sedikit kesempatan yang sedang kamu cari dan kegiatan yang sedang kamu jalani, misalnya magang, pengalaman bekerja di suatu instansi, atau pengalaman riset.

Ceritakan Pengalaman

Ceritakan pengalaman kamu dengan jujur. Jika ada data rahasia, maka jangan dibeberkan. Kamu bilang saja secara terus terang bahwa data tersebut bersifat rahasia. Jika dijelaskan, maka akan berpotensi menimbulkan citra diri yang tidak menjaga integritas.

Jelaskan Topik Penelitian

Jelaskan topik penelitian secara runut hingga terlihat benang merah secara obyektif. Ceritakan permasalahan dengan fakta sebagai jembatan saat pengajuan ide topik penelitian. Fakta tersebut dapat berupa kesamaan misi dalam penelitian kamu dengan dosen pembimbing atau universitas tujuan.

Ajukan Pertanyaan

Kamu wajib ajukan pertanyaan agar pewawancara melihat antusiasme kamu. Coba tanyakan mengenai fasilitas yang tersedia untuk menunjang penelitian, asuransi mahasiswa, kebijakan kuliah sambil bekerja, dan lain-lain. Tanyakan hal yang tidak kamu ketahui secara mudah dengan menggunakan situs pencari. Jujur sama diri sendiri dengan kebutuhan kamu untuk menunjang kehidupan kuliah di luar negeri, apalagi di situasi pandemi Covid-19 saat ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*