Inilah Informasi Terbaru Seputar Kuliah di Belanda Saat Pandemi Covid-19

Bagian hall pameran Virtual Study in Holland Fair 2020. Semua serba digital dan mudah diikuti. Pameran banyak menyediakan informasi yang mudah diunduh dalam bentuk PDF (KalderaNews/Syasa Halima)
Bagian hall pameran Virtual Study in Holland Fair 2020. Semua serba digital dan mudah diikuti. Pameran banyak menyediakan informasi yang mudah diunduh dalam bentuk PDF (KalderaNews/Syasa Halima)

JAKARTA, KalderaNews.com – Virtual Study in Holland Fair 2020 sukses diselenggarakan pada, Rabu, 18 November 2020. Pameran pendidikan Belanda terbesar di Indonesia ini diselenggarakan secara serentak di 4 negara di Asia, yaitu China, Korea Selatan, Vietnam dan Indonesia pada pukul 16:00-20:00 WIB.

Ribuan pelajar datang ke pameran pendidikan virtual secara antusias.
Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari menyampaikan total ada 3.608 pendaftar hingga 1 jam sebelum pameran dimulai dengan mayoritas pengunjung berasal dari Indonesia. Semuanya serba digital dengan instruksi yang mudah diikuti.

Bukan rahasia lagi, Belanda memang memiliki daya pikat tersendiri bagi para pelajar Internasional, pun di saat pandemi Covid-19. Negeri Kincir Angin menyediakan pendidikan berkualitas dengan tetap memperhatikan kesejahteraan siswa.

BACA JUGA:

Demi menjaga ketersediaan fasilitas kesehatan, pemerintah Belanda mengambil tindakan preventif agar pandemi Covid-19 tetap terkontrol sejak Maret 2020. Salah satu tujuannya agar mahasiswa internasional yang tinggal dan belajar di Belanda merasa aman. Tindakan yang pemerintah lakukan yaitu:

Perawatan Kesehatan dan Asuransi Kesehatan

Pelajar internasional yang sedang menimba ilmu di Belanda memiliki akses ke fasilitas kesehatan. Pemerintah Belanda menyarankan untuk memeriksa asurasi kesehatan yang digunakan selama tinggal di sana. Siapapun yang tiba di Belanda, lalu terdeteksi Covid-19, maka wajib tes swab dan isolasi.

Auditorium Virtual Study in Holland Fair 2020 (KalderaNews/Syasa Halima)

Kompensasi Biaya Pendidikan

Pemerintah Belanda memberikan kompensasi biaya pada kuartal pertama 2021 sebanyak satu kali. Hal ini berlaku bagi mahasiswa yang akan memperoleh gelar master di universitas riset atau gelar sarjana di universitas ilmu terapan antara September 2020 hingga Januari 2021.

Jumlah maksimumnya adalah biaya sekolah 3 bulan, yakni € 535 atau setara dengan Rp 9.981.880. Mahasiswa akan menerima bantuan tersebut selambat-lambatnya pada 31 Maret 2021. Kunjungi situs web DUO untuk informasi lebih lanjut.

Peraturan Biaya Akomodasi

Sayangnya, Pemerintah Belanda tidak menyiapkan kompensasi finansial untuk biaya akomodasi. Meskipun begitu, peraturan mewajibkan pemilik penginapan untuk mencari solusi. Jika masih bingung, maka hubungi hotline perumahan dari Serikat Mahasiswa Belanda untuk mendapatkan bantuan.

Perpanjang Izin Tinggal di Belanda

Jika calon mahasiswa atau mahasiswa mengalami penundaan pemberangkatan karena virus Corona, maka hubungi pemilik tempat tinggat untuk memperpanjang izin. Jika kamu mahasiswa baru, maka penanganan izin tinggal memiliki prioritas dan informasi tersebut dapat diakses pada situs web Layanan Imigrasi dan Naturalisasi Belanda (IND).

Bisa Tes Bahasa Inggris Daring

Semua institusi pendidikan tinggi Belanda sekarang menerima tes bahasa Inggris daring yang diperlukan untuk keperluan masuk dan visa. Perjanjian ini dibuat pada 15 April dan diperbarui pada 16 Juni mengenai Kode Etik Mahasiswa Internasional di Pendidikan Tinggi Belanda. Setiap institusi pendidikan bisa saja memiliki perbedaan dalam peraturan pengumpulan hasil tes. Kamu dianjurkan untuk bertanya kepada pihak kampus.

Skenario Pembelajaran Campuran

Institusi pendidikan tinggi Belanda bangga dengan apa yang telah mereka capai hingga saat ini dalam peralihan tatap muka ke pendidikan daring. Bobot materi kuliah tetap berkualitas tinggi, meskipun pembelajaran dilakukan secara daring.

Saat ini, institusi pendidikan tinggi Belanda sedang mempertimbangkan beberapa skenario untuk membuka kampus dan pembelajaran campuran (hybrid learning). Beberapa institusi telah memutuskan mode pengajaran untuk awal tahun akademik 2020-2021.

Setiap kampus bisa memiliki keputusan yang berbeda, jadi jangan lupa kontak institusi tujuanmu. Kamu akan menemukan gambaran umum halaman web informasi Coronavirus per institusi.

Pembatasan Perjalanan dan Layanan Konsuler

Situasi berubah begitu cepat di seluruh dunia sehingga informasi dengan cepat menjadi ketinggalan zaman. Kementerian Luar Negeri Belanda menyarankan untuk menggunakan situs webnya www.netherlandsandyou.nl sebagai acuan. Situs web ini terus diperbarui.

Larangan perjalanan Uni Eropa telah diperpanjang hingga 1 Juli 2021. Terdapat kategori luar biasa yang dibebaskan dari larangan perjalanan, yakni pelajar dengan visa masuk (MVV) atau dengan izin tinggal belajar yang sah serta bersedia (dan mampu) untuk kembali.

Sesampainya di Belanda, pastikan kamu memantau situs web kedutaan atau konsulat negara asal secara teratur. Dalam situasi darurat seperti saat ini, negara-negara ingin mengetahui keberadaan warganya sehingga mereka dapat memberikan bantuan jika diperlukan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*