“Jogo Tonggo” Mengantar Syifa Raih Juara Vlog Penggalang Nasional

Syifa Asni Aulia, siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU 2 Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah juara Vlog Penggalang tingkat nasional. (KalderaNews.com/Dok. Pribadi)
Syifa Asni Aulia, siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU 2 Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah juara Vlog Penggalang tingkat nasional. (KalderaNews.com/Dok. Pribadi)

BANYUMAS, KalderaNews.com – Syifa Asni Aulia, siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU 2 Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah berhasil menjuarai lomba kehumasan tingkat nasional, kategori Vlog Penggalang. Siswi kelas VIII ini menjadi juara pertama pada ajang yang digelar Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

BACA JUGA:

Syifa yang bercita-cita menjadi seorang dokter ini mengirimkan vlog dengan judul “Jogo Tonggo”. Karya ini didukung Kepala Madrasah MTs. Ma’rif NU 2 Cilongok, Nadlir dan para pembina, Henny Dwi Purwaningsih, Ulung Pranata Wibawa, dan Kholidin.

“Ide gagasan ini didapat dari Kak Agus Supriyanto yang menjadi Anggota Mabides yang pernah menjadi Pembina Berprestasi Tingkat Jawa Tengah. Ide ini selaras dengan program ‘Jogo Tonggo’ dari Gubernur Jawa Tengah,” kata Syifa. “Jogo Tonggo” merupakan bahasa Jawa yang berarti “menjaga tetangga”.

Dalam vlog ini, Syifa bercerita tentang program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah untuk menanam aneka tanaman pangan. Syifa mengajak masyarakat menanam sayuran atau tanaman obat yang dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga dan tetangga yang membutuhkan.

“Pengambilan gambar dilakukan sehari. Saat itu, kebetulan juga sedang ada pelatihan menanam tanaman yang sesuai tema,” kisah Syifa.

Capaian ini bukan prestasi pertama Syifa. Sederet prestasi pernah diraih putri dari pasangan Umar Mahmudin dan Alistilar Rohayati. Syifa pernah meraih penghargaan pada pesta siaga. Bersama regunya, Syifa juga pernah memenangi Indonesia Scout Calengge tingkat Jawa Tengah dan Juara 2 tingkat nasional. Dia juga meraih Juara 1 Pramuka Garuda Siaga Berprestasi Tingkat Jawa Tengah atau Eagle Scout Award.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*