Luas DKI Jakarta 662 Km², Penduduknya 10,3 Juta atau 15 Ribu Orang Per Km²

Musim hujan tiba
Mendung di langit Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – DKI Jakarta sebagai sebuah provinsi memiliki ukuran yang tidak besar sekitar 662 km², namun penduduknya cukup padat dengan 10,3 juta penduduk yaitu .

Dengan kepadatan penduduk tersebut, kompleksitas masalah informasi tata ruang yang butuh diintegrasikan dengan baik. Karena itu, sejak 17 Januari 2018, program integrasi data Pemprov DKI Jakarta, bernama Jakarta Satu yang memiliki prinsip ‘Satu Peta, Satu Data, Satu Kebijakan’ diluncurkan.

Melalui integrasi data berbasis peta itulah, seluruh pengambilan keputusan hingga kebijakan harus berbasis data yang terintegrasi.

BACA JUGA:

“Yang kita hadapi adalah ada rasa kepemilikan atas data yang luar biasa pada setiap pengelola. Setiap SKPD itu tiap unit merasa memiliki data, sehingga mengintegrasikan itu salah satu tantangan. Pesannya jelas yakni bekerja dalam satu barisan atau keluar dari barisan. Sederhana sekali,” tegas Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menerima dua penghargaan dalam Bhumandala Award 2020 pada Jumat, 27 November 2020.

Anies menyampaikan bahwa memang hanya satu orang yang maju dan memperoleh langsung penghargaan Bhumandala Award 2020. Namun, di balik itu semua, terdapat ratusan orang yang bekerja di belakang layar dan mewujudkan integrasi data di DKI Jakarta. Gubernur Anies menyebut, tim yang bekerja dalam integrasi data biasanya bekerja dalam sunyi dan jarang terlihat, namun dampak dan kebermanfaatannya terasa dalam setiap kebijakan.

Ia lantas berharap integrasi data ke depan akan semakin berkembang lebih jauh di DKI Jakarta. Gubernur Anies menyampaikan bahwa Bhumandala Award sejatinya penghargaan atas ikhtiar yang selama ini Pemprov DKI Jakarta kerjakan untuk memastikan informasi data terintegrasi dengan baik dan berbasis peta.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*