OMG, 171.998 Siswa dan 12.649 Guru di Jakarta Tak Punya Gawai

Masuk Sekolah Saat Covid-19
Masuk Sekolah Saat Covid-19 (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan JakWIFI secara kolaboratif sebagai salah satu fasilitas penunjang PJJ. Selain itu, seluruh peserta didik juga telah mendapatkan bantuan paket data dari pemerintah.

Namun ternyata belum seluruh pendidik dan peserta didik memiliki gawai yang memadai untuk kegiatan belajar mengajar. Bahkan tidak jarang peserta didik harus berbagi penggunaan gawai dengan anggota keluarga lain.

Sebanyak 171.998 peserta didik dan 12.649 pendidik di DKI Jakarta ternyata tidak memiliki handphone (HP) di tengah keharusan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring dari rumah.

BACA JUGA:

Nah, guna membantu mereka Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk bersama menyetarakan akses pendidikan di Jakarta dengan bahu membahu dalam Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar Pendidikan untuk penyediaan gawai.

Paket gawai yang dibutuhkan peserta didik adalah tablet baru atau bekas layak pakai. Definisi bekas layak pakai itu dapat berfungsi dengan baik dan umur gawai < 3 tahun

Sementara itu paket gawai untuk pendidik yang akan menjadi hal milik sekolah dan dipinjamkan kepada pendidik (guru) yang membutuhkan yakni PC atau Laptop baru/bekas layak pakai. Definisi bekas layak pakai itu dapat berfungsi dengan baik dan umur gawai < 4 tahun.

Masyarakat yang terpanggil untuk membantu peserta didik dan pendidik di Jakarta dapat mengikuti program ini. Bagaimana cara mengikuti Program KSBB Pendidikan ini? berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Laman: https://corona.jakarta.go.id/id/ksbb-pendidikan
  • Pilih sekolah yang hendak dibantu
  • Kolaborator mengestimasikan bantuan yang akan diberikan, jenis (laptop/tablet/HP), dan waktu
  • Submit komitmen bantuan ke website (dapat berdiskusi jika diperlukan)
  • Koordinasi realisasi di lapangan bersama sekolah
  • Kolaborator menginformasikan realisasi di lapangan

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*