Hari Dongeng Nasional, Begini Cara Merayakannya dengan Sederhana

Ilustrasi: Cara merayakan Hari Dongeng Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Cara merayakan Hari Dongeng Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari ini, 28 November diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional. Hari Dongeng Nasional diperingati sejak tahun 2015. Tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal lahir Drs. Suyadi atau yang lebih dikenal dengan tokoh Pak Raden dan serial Si Unyil. Pak Raden dianggap sebagai tokoh yang berjasa menghidupkan dunia dongeng di Indonesia.

BACA JUGA:

Di tengah masa pandemi Covid-19, berikut ini cara sederhana merayakan Hari Dongeng Nasional selama di rumah saja:

Memanfaatkan aplikasi dongeng

Kini, dongeng tidak hanya dapat dinikmati melalui buku, namun juga aplikasi dan buku elektronik alias e-book. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif membaca dongeng selain dari buku. Saat ini, terdapat berbagai aplikasi bertemakan kumpulan dongeng yang dapat diunduh secara gratis.

Ikuti acara dongeng virtual

Dalam rangka Hari Dongeng Nasional digelar Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020 (FDII 2020.) Komunitas Ayo Dongeng Indonesia bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan FDII 2020 dengan tema “Dongeng Bahagia di Rumah”. Festival ini menampilkan dongeng virtual gratis.

Buat dongeng bersama anak

Membuat dongeng bersama bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merayakan Hari Dongeng Nasional di rumah. Tidak hanya menyenangkan, membuat dongeng sendiri memiliki banyak manfaat, baik secara pendidikan maupun emosional.

Ajak teman-teman saling bertukar dongeng

Anak-anak tentu merasa rindu dengan teman-teman sejak terpisah selama pandemi. Maka, manfaatkan momen Hari Dongeng Nasional menjadi ajang reuni virtual bersama teman-teman anak-anak. Manfaatkan aplikasi video confrence gratis dan ajak anak-anak untuk saling bertukar cerita dongeng.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*