Inilah Logo dan Makna Hari Antikorupsi Sedunia, 9 Desember 2020

Ilustrasi: Logo Hari Antikorupsi Sedunia 2020. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Logo Hari Antikorupsi Sedunia 2020. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) atau International Anti-Corruption Day akan diperingati 9 Desember mendatang. Hakordia ditetapkan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 31 Oktober 2003.

Mengapa ada Hari Antikorupsi Sedunia?

BACA JUGA:

Keputusan menetapkan Hakordia untuk meningkatkan kepedulian terhadap maraknya kasus korupsi. Selain itu, sebagai wujud peran PBB melawan kejahatan korupsi dengan cara mencegah dan memberantas tindak korupsi.

Nah, untuk tahun ini, PBB telah menetapkan tema Hakordia yaitu, “Recover with Integrity”. Tema ini didasarkan pada situasi pandemi global Covid-19. Negara-negara diharapkan melakukan langkah-langkah mitigasi korupsi dalam pemulihan kondisi di tengah krisis dan pandemi Covid-19 dengan mengedepankan integritas.

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres mengatakan, “Korupsi adalah kriminal, tidak bermoral dan pengkhianatan atas kepercayaan publik. Ini bahkan lebih merusak di saat krisis seperti yang dialami dunia sekarang dengan pandemi Covid-19. Pandemi ini juga menciptakan peluang baru untuk mengeksploitasi pengawasan yang lemah dan transparansi yang tidak memadai, mengalihkan dana dari orang-orang pada saat mereka paling membutuhkan.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*