5 Cara Sederhana dan Bermakna Rayakan Natal Sehat di Tengah Pandemi




Ilustrasi merayakan natal di tengah pandemi (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi merayakan natal di tengah pandemi (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi masih ada dengan waktu yang tidak ditentukan, namun beragam aktivitas manusia tentunya tidak bisa berhenti begitu saja, seperti natal di tengah pandemi. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan masa liburan panjang natal dan tahun baru 2021 meminta pemerintah daerah untuk menyesuaikan diri untuk melindungi daerah masing-masing.

Meskipun terkesan sulit, perayaan natal dan tahun baru kali ini memang harus menjaga diri dan orang sekitar seaman mungkin. Aman dalam arti menjaga diri dan orang lain dari paparan virus Covid-19. Supaya tidak susah, berikut 5 cara sederhana rayakan natal di tengah pandemi:

Ibadah di Rumah

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengeluarkan panduan penyelenggaraan kegiatan ibadah dan perayaan natal di masa pandemi Covid-19. Ia juga menjelaskan bahwa ibadah dan perayaan Natal selain diselenggarakan secara berjemaah/kolektif di rumah ibadah, juga disiarkan secara daring dengan tata ibadah yang telah disiapkan oleh para Pengurus dan Pengelola Rumah Ibadah.

BACA JUGA:

Tukar Kado Secara Daring

Tukar kado menjadi aktivitas yang paling dinantikan sanak keluarga saat perayaan natal. Namun, di masa pandemi yang belum kunjung mereda lebih baik tukar kado dilakukan secara daring dengan langsung kirim ke alamat masing-masing.

Selalu Siapkan Sabun Cuci Tangan

Jika keluarga memutuskan untuk membuat perkumpulan internal dengan sanak famili lainnya, maka pastikan mereka semua sehat. Pastikan diri sendiri dan keluarga tidak memiliki kontak erat dengan orang lain yang terpapar Covid-19. Lalu, harus selalu ingat untuk cuci tangan 30 hingga 40 detik sebelum masuk rumah. Tidak apa-apa lebay asalkan semuanya aman dan sehat!

Namun, akan lebih baik dan aman jika menghabiskan waktu bersama keluarga inti. Bukan berarti acara tidak aman, melainkan untuk menjaga diri sendiri dan orang lain. Semakin banyak orang yang masuk rumah, maka semakin sulit untuk menjaga jarak sosial.

Buat Video Ucapan Selamat Natal

Komunikasi menjadi media untuk menghubungkan jarak yang jauh. Keluarga dan kamu sendiri bisa membuat video ucapan selamat natal untuk teman-teman. Buat kalimat harapan tulus yang dapat membawa kebaikan untuk orang lain.

Nonton Film Bersama Keluarga Inti

Banyak sekali film keluarga bernuansa natal yang dapat menghangatkan suasana. Menonton film bersama keluarga bisa menjadi aktivitas merayakan natal secara sehat. Jangan lupa siapkan snack!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*