Siswa SMA Labschool Jakarta Sabet Juara Pertama Kompetisi ASEAN Quiz

Siswa SMA Labschool Jakarta menjadi juara pertama di ajang ASEAN Quiz 2020. (KalderaNews.com/Ist.)
Siswa SMA Labschool Jakarta menjadi juara pertama di ajang ASEAN Quiz 2020. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tim Indonesia yang diwakili tiga siswa terbaik SMA Labschool Jakarta meraih juara pertama dalam ajang ASEAN Quiz ke-9 yang digelar virtual. Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara pertama.

ASEAN Quiz merupakan kompetisi regional yang diadakan ASEAN Committee for Culture and Information (COCI). Kompetisi ini diikuti siswa-siswi perwakilan dari negara-negara ASEAN yang berusia di bawah 18 tahun dan dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

BACA JUGA:

Tim Indonesia beranggotakan Arkan Alexei Andrei, Mahawikan Akmal Danishara, dan Mohammad Abyan Rasyad. Ketiganya berasal dari SMA Labschool Jakarta. Sebelum mewakili Indonesia di kancah regional, mereka bertiga memenangkan ASEAN Quiz: Level Nasional yang diadakan Sekjen Kelembagaan Internasional Kominfo.

Tahun ini, ASEAN Quiz 2020: Regional diikuti 9 tim, yaitu satu tim perwakilan dari masing-masing negara anggota ASEAN, antara lain Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Filipina tidak mengirimkan tim perwakilan.

Kompetisi berlangsung dalam tiga babak. Setiap babak terdiri dari 20 pertanyaan yang terdiri dari 5 kategori, yaitu ASEAN Political-Security Community; Economic Community; Socio-Cultural Community; ASEAN in General, dan ASEAN Logos. Kompetisi yang berlangsung melalui Aplikasi Zoom Meeting itu menampilkan pertanyaan dan setiap tim harus menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu 10 detik setelah pertanyaan dibaca.

“Alhmdulillah, meskipun di masa pandemi ini, tapi ikhtiar Labschool untuk terus berprestasi tidak berhenti. Anak-anak Indonesia terbukti mampu berkompetisi dengan bangsa lain, bahkan mendapatkan prestasi tertinggi di antara negara-negara ASEAN. Budaya prestasi ini akan terus kami pupuk ke depan,” ujar Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*