Berprestasi Sejak Masih SD, Siswa SMPK 5 PENABUR Ini Kini Sabet 3 Medali Emas Internasional

Peserta didik BPK PENABUR Jakarta yakni Jesreel Hasiholan Tua Sigalingging dari SMPK 5 PENABUR (biru) dan saat masih di SD (merah)
Peserta didik BPK PENABUR Jakarta yakni Jesreel Hasiholan Tua Sigalingging dari SMPK 5 PENABUR (biru) dan saat masih di SD (merah) (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Peserta didik BPK PENABUR Jakarta yakni Jesreel Hasiholan Tua Sigalingging dari SMPK 5 PENABUR berhasil meraih tiga medali emas di dalam ajang olimpiade internasional. Jesreel mengikuti olimpiade tersebut secara daring diantaranya Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) Heat Round yang berlangsung pada 24 November 2020, International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) yang diselenggarakan pada 5 April 2020 dan Singapore and Asian Schools Math Olympiad (SASMO) yang dilaksanakan pada 8 Agustus 2020.

“Saya berterima kasih kepada kepala sekolah dan guru di SMPK 5 PENABUR yang telah merekomendasikan saya untuk mengikuti ajang tersebut. Merekalah yang selalu mendukung dan membimbing saya baik dari segi ilmu maupun moral,” ucap Jesreel dengan tulus.

Di dalam mengikuti ajang yang berlangsung secara daring tersebut Jesreel harus mempersiapkan perangkat komputer serta koneksi internet yang memadai. Kerap kali Jesreel menemukan masalah gangguan server dan masalah koneksi jaringan pada saat lomba berlangsung. Untungnya Jesreel dapat mengatasi hal tersebut dengan baik dan berhasil meraih prestasi yang membanggakan.

BACA JUGA:

“Jesreel merupakan peserta didik yang tekun dan memiliki keinginan kuat untuk belajar. Ia juga merupakan peserta didik yang mau dengar-dengaran dan menuruti perintah guru di sekolah,” ungkap Ester Junianti selaku Kepala SMPK 5 PENABUR.

Selain meraih medali emas, Jesreel juga meraih medali perak di dalam ajang Global Business Mathematics Olympiad (GBMO) 2020 dan Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools (ASMOPS) 2020.

“Saya berpesan kepada peserta didik BPK PENABUR Jakarta lainnya untuk terus giat belajar dan meningkatkan prestasi walaupun berada di situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini,” terang Jesreel berpesan.

Berprestasi Sejak di Sekolah Dasar (SD)

Jesreel yang tergolong pendiam dan sedikit pemalu saat masih SDK 4 PENABUR Jakarta ini memang jago Matematika sejak kecil. Ia mencetak prestasinya yang gemilang di ajang nasional dan internasional saat masih di SDK 4 PENABUR Jakarta.

Ia menggondol medali perak bidang Matematika di International Mathematics & Science Olympiad (IMSO) 2018, Zhejiang, Cina, 28 September-4 Oktober 2018, SASMO (Singapore and Asian Schools Math Olympiad), AMO (American Mathematics Olympiad) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018.

Di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat, 1-7 Juli 2018 silam, sulung dari dua bersaudara dari pasangan Tiur Hotdelima Simanullang dan Agustinus Sigalingging ini menggondol medali emas bidang Matematika.

Jesreel memang tergolong pribadi yang pendiam dan sedikit pemalu saat bertemu dengan orang baru, seperti saat berjumpa dengan KalderaNews baru-baru ini. Kesan sebagai sosok yang sedikit pemalu juga sudah dirasakan KalderaNews saat sebelum bertemu langsung alias melalui wawancara via jaringan telepon.

“Pertama kali senang Matematika itu karena dulu pernah ikut Math Club. Pas ikut Math Club, ternyata Matematika itu seru gitu. Saya memang suka Matamatika. Mata pelajaran yang paling saya sukai selain Matematika, mungkin TIK karena cita-cita saya mau jadi programmer,” akunya polos saat berbincang dengan KalderaNews.

Saking cintanya pada Matematika, ia banyak memanfaatkan waktu luangnya untuk terus belajar Matematika, seperti dengan baca buku Matematika saat di rumah dengan latihan-latihan soal sekitar 2-3 jam sehari saat sore hari.

“Kadang didampingi mama-papa, kadang sendiri. Tapi, biasanya sih didampingi. Karena saya anak pertama dan adik saya masih kecil (masih bayi), tak didampingi juga bisa belajarnya,” kisahnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*