Gus Mus dan Buya Syafii Jadi Cendekiawan Muslim Berpengaruh 2021

Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii dan Achmad Mustofa Bisri atau Gus Mus masuk dalam daftar cendekiawan Muslim paling berpengaruh di dunia. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii dan Achmad Mustofa Bisri atau Gus Mus masuk dalam daftar cendekiawan Muslim paling berpengaruh di dunia. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Dua cendekiawan asal Indonesia masuk ke dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh edisi 2021 di bidang keilmuan. Mereka adalah Achmad Mustofa Bisri atau yang lebih dikenal Gus Mus dan Ahmad Syafii Maarif atau dikenal juga sebagai Buya Syafii.

Gus Mus adalah cendekiawan Muslim yang dikenal karena pemikiran dan karya-karyanya di bidang sastra serta kebudayaan. Sementara, Buya Syafii adalah mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1998-2005 dan pendiri Maarif Institute.

BACA JUGA:

Daftar 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia dirilis Pusat Studi Islam Strategis Kerajaan Yordania setiap tahun. Tokoh-tokoh yang terpilih berasal dari berbagai latar belakang suku bangsa, negara, dan profesi.

Daftar 500 Muslim berpengaruh dunia itu dibagi menjadi dua bagian, yakni 50 besar dan 450 nama tokoh lainnya. Pemeringkatan secara urut dilakukan di kategori 50 besar, sedangkan 450 nama lainnya tidak diperingkat secara numerik melainkan dikelompokkan berdasar kiprah di berbagai bidang, salah satunya keilmuan. Ada pula kategori honorable mention, untuk nama-nama yang tidak masuk ke kategori 50 besar, namun dinilai memiliki pengaruh kuat.

Presiden Joko Widodo berada di peringkat 12, naik satu peringkat dari 13 pada 2020. Sementara, pemimpin organisasi Muslim terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), Said Aqil Siradj berada di peringkat 18. Dan Habib Luthfi bin Yahya Habib Luthfi, Rais Amm dari Jamiyah Ahli Tahriqah al-Mu’tabarah al-Nahdliyah di Pekalongan, Jawa Tengah, serta pimpinan spiritual tarekat Ba Alwi di Indonesia, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, berada di peringkat 32.

Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau yang dikenal Din Syamsuddin meraih Honorable mention. Din Syamsuddin pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010 dan 2010-2015.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*