Keren! Universitas Budi Luhur Ciptakan Motor Listrik Ramah Lingkungan

Universitas Budi Luhur (UBL) luncurkan motor listrik pada Kamis, 14 Januari 2021. UBL berperan aktif menciptakan produk ramah lingkungan (KalderaNews/Dok.UBL)
Universitas Budi Luhur (UBL) luncurkan motor listrik pada Kamis, 14 Januari 2021. UBL berperan aktif menciptakan produk ramah lingkungan (KalderaNews/Dok.UBL)

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Budi Luhur (UBL) hari ini secara resmi luncurkan motor listrik terbaru bernama BL-SEV01 (Sport Electric Vehicle 01). Peluncuran motor listrik BL-SEV01 ini merupakan hasil kerjasama antara Universitas Budi Luhur bersama Katros Garage dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Peluncuran ini dilaksanakan secara daring dan luring di Gedung Graha Mahardika Bujana Universitas Budi Luhur. Acara dihadiri oleh Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua BPH (Badan Pengurus Harian) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M selaku Rektor Universitas Budi Luhur dan Sujono, M.T selaku Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur.

Dilansir melalui situs resmi UBL, Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M menjelaskan bahwa BL-SEV01 menjadi bukti nyata dan sumbangsih Universitas Budi Luhur dalam menjaga lingkungan, yang diharapkan bisa menjadi solusi akan kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan.

BACA JUGA:

“Sebelumnya Budi Luhur juga sudah memilki kendaraan listrik (BL- 40, BL- CEV01) dan ini (BL-SEV01) yang terbaru hasil kolaborasi dari Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik, Lembaga Ilmu Pengtahuan Indonesia (LIPI) mencermikan bahwa UBL serius berperan aktif dalam menjaga lingkungan, yang mana merupakan bagian dari nilai-nilai kebudiluhuran,” jelas Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M dalam sambutannya.

BL-SEV01 (Sport Electric Vehicle 01) merupakan sepeda motor listrik ke-3 karya Universitas Budi Luhur, dengan spesifikasi yang didukung motor lisrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW. Didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Sehingga motor listrik berbentuk sport ini bisa melaju sejauh 110–120 kilometer hanya dalam satu kali pengisian baterai.

Untuk pengisian baterainya memakan waktu 4-5 jam dan bisa di setting dalam mode fast charging dengan tegangan 960-1100 watt dan normal charging 400-500 watt.


Model Cafe Racer dipilih sebagai desain dari BL-SEV01, untuk menegaskan performa dan kemampuan sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain pun tentunya disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

Semua komponen BL-SEV01 sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

“Universitas Budi Luhur sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa. Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi civitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas,” ungkap Ketua (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA.


Ke depannya Universitas Budi Luhur akan tetap berkontribusi dan berupaya dalam pengembangan-pengembangan secara akademisi dan penelitian terhadap motor dan kendaraan listrik untuk lebih baik lagi.


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*