5 Aktivitas Seru untuk Tumbuhkan Design Thinking Pada Siswa

Ilustrasi design thinking (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi design thinking (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Design Thinking merupakan salah satu cara berpikir kritis untuk menemukan jalan keluar yang solutif dan tepat sasaran. Hal ini penting untuk menimbulkan atau meningkatkan keahlian berpikir kritis, motivasi, empati, dan kolaborasi.

Keahlian design thinking merupakan salah satu komponen penting pendidikan di masa depan. Terdapat lima cara agar siswa dapat berpikir secara sistemik. Cara ini dapat digunakan untuk kelas online.

Mulailah dengan Pemanasan Kreativitas

Untuk membantu siswa masuk ke pola pikir berpikir desain, mulailah dengan latihan pemanasan. Kami senang memberi siswa selembar kertas dengan beberapa lingkaran digambar di depan. Kemudian, minta mereka untuk membuat lingkaran kosong menjadi sebanyak yang mereka bisa pikirkan.

BACA JUGA:

Anda dapat berbagi beberapa ide untuk membantu siswa memulai (bola sepak, globe, wajah tersenyum, dan jam). Siswa akan melatih otot kreativitas mereka sebelum mereka terjun ke pemikiran desain.

Latihan Mendengarkan dan Memahami dengan Wawancara

Pemikiran desain adalah tentang mendengarkan dan memahami apa yang dibutuhkan orang. Sebelum siswa dapat merancang solusi, mereka perlu belajar tentang kebutuhan orang lain dan masalah sehari-hari yang mereka hadapi. Dalam kegiatan ini, siswa berlatih mengamati dan mendengarkan orang yang mereka coba bantu: teman sekelasnya.

Selalu Diskusi Dengan Struktur Kecil ke Besar

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan ide sebanyak mungkin yang akan menjadi cara hebat untuk memecahkan masalah teman sekelas Anda. Ingatkan siswa bahwa tidak ada ide yang baik atau buruk, dan mereka tidak perlu khawatir meskipun ide mereka tampak mustahil atau nyeleneh.

Buat Sketsa Prototipe untuk Membuat Solusi

Mintalah siswa untuk memilih satu ide dari daftar curah pendapat mereka, dan gunakan “Lembar Kerja Prototipe Sketsa” untuk membuat sketsa solusi mereka untuk teman sekelas mereka. Di sinilah siswa dapat berkreasi dengan membuat sketsa catatan menggunakan gambar dan mencoret-coret untuk bermimpi besar. Siswa dapat membagikan ide mereka dengan teman sekelas mereka.

Evaluasi

Evaluasi merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan umpan balik dari siswa. Gunakan tanggapan mereka sebagai masukan untuk kelas selanjutnya. Pertimbangkan untuk menanyakan kepada siswa apa yang mereka nikmati, lalu apa yang mereka pelajari. Terakhir, tanyakan bagaimana mereka dapat menggunakan pemikiran desain untuk memecahkan masalah yang dihadapi keluarga mereka di rumah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*