Pemprov DKI Jakarta Beri Asesmen Kesiapan Belajar Dari Rumah di Laman Siap Belajar

Masuk sekolah saat pandemi Covid-19 (KalderaNews/Ist)
Masuk sekolah saat pandemi Covid-19 (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Meskipun pembelajaran daring masih berlanjut di sekolah DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan laman Siap Belajar untuk asesmen. Siap Belajar Jakarta merupakan kanal informasi pembelajaran Tahun Pelajaran 2020/2021.
Panduan pembelajaran blended learning, SOP pembelajaran pada masa pandemi, dan Asesmen Siap Belajar dapat diakses oleh guru, peserta didik dan orang tua.

Dilansir melalui laman, untuk mengukur  kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran campuran, setiap Kepala Satuan Pendidikan diminta untuk mengisi 2 (dua) instrumen berikut sesuai dengan kondisi satuan pendidikan yang sebenarnya dan mengisi sampai selesai. Kedua instrumen tersebut yaitu Instrumen Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan dan Instrumen Asesmen Kesiapan Belajar Dari Rumah (BDR).

Hasil asesmen ini akan digunakan untuk mengetahui kesiapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran blended learning di satuan pendidikan (sekolah/ madrasah/ PAUD/ Pendidikan Masyarakat). Selain itu hasil asesmen akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan program atau kegiatan perbaikan yang diperlukan.

BACA JUGA:

Asesmen ini bertujuan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program pendidikan atau perbaikan. Pandemi yang belum kunjung mereda membuat kepala sekolah dan satuan pendidikan harus mengisi asesmen dengan kondisi yang sebenarnya agar kegiatan Belajar dari Rumah berjalan dengan sistem yang mumpuni.

Pengisian intrumen hanya satu kali pada rentang waktu sebelum tanggal 11 Januari 2021. Khusus untuk instrumen BDR Kepala Satuan Pendidikan yang sudah mengisi instrumen dapat mengisi kembali.

Laman tersebut menyediakan informasi Panduan Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan DKI Jakarta dalam bentuk PDF dan video tutorial asesmen siap belajar. Video dan panduan tersedia secara daring yang dapat diakses melalui laman, lalu terhubung dengan Google Drive. Dengan demikian, panduan dapat diakses hingga diunduh oleh satuan pendidikan dan orang tua/wali murid.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga terus menyuarakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*