22 Februari, Hari Bapak Pandu Dunia, Yuk Mengenal Baden Powell

Ilustrasi: Pendiri organisasi kepanduan dunia, Robert Stephenson Smyth Baden-Powell (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Pendiri organisasi kepanduan dunia, Robert Stephenson Smyth Baden-Powell (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – 22 Februari dikenang sebagai Hari Bapak Pandu Dunia, Baden Powell. Ia adalah pendiri Gerakan Kepanduan Dunia yang bernama lengkap Robert Stephenson Smyth Baden Powell.

Baden Powell dilahirkan pada 22 Februari 1857 di London, Inggris. Tanggal inilah kemudian ditetapkan sebagai Hari Bapak Pandu Dunia.

BACA JUGA:

Baden Powell ditetapkan sebagai Bapak Pandu Dunia, lantara pengalamannya yang mendasari pembinaan remaja di Inggris, bernama Boy Scout. Dari pembinaan inilah yang kemudian berkembang menjadi gerakan Pramuka.

Awal 1908, Baden Powell menulis pengalaman untuk acara latihan kepramukaan. Kumpulan kisah itu menjadi sebuah buku berjudul “Scouting For Boys”. Buku tersebut cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian mendirikan organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki.

Lalu, adik Baden Powell, Agnes Powell mendirikan organisasi kepramukaan untuk perempuan dengan nama Girls Guides yang diteruskan oleh istri Baden Powell. Girls Guides lalu berganti nama menjadi Girls Scout.

Baden Powell membuat buku yang bertujuan untuk mengelompokkan usia Pramuka. Dan pada 1916 berdiri kelompok Pramuka usia siaga. Tahun 1918 berdiri kelompok Pramuka bagi mereka yang telah berusia 17 tahun.

Lantas, pada 1920 diadakan Jambore Pandu Dunia pertama di London. Baden Powell mengundang 27 negara yang memiliki organisasi Pramuka. Saat itulah, Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan di-share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*