Ini Manfaat Ikut Kegiatan Pramuka, Jangan Sepelekan!

Peserta didik di Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta, Kempa 3 Buperta Cibubur, Jakarta Timur
Peserta didik di Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta, Kempa 3 Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat, 12 April 2019 (KalderaNews/Humas PENABUR)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kemendikbud, Mulyatsyah menegaskan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengikuti kegiatan pramuka.

“Dengan mengikuti kegiatan pramuka, siswa akan diajarkan untuk berpikir maju, kedisplinan serta mengenal jati diri bangsa,” tuturnya saat membuka kegiatan Pramuka Penggalang Jenjang SMP di Jakarta, Senin, 31 Agustsu 2020.

Selain itu, dengan mengikuti kegiatan ini, para siswa akan semakin memahami nilai nasionalisme dan cinta Tanah Air.

BACA JUGA:

“Gerakan kepanduan semenjak Pramuka Indonesia berdiri tanggal 14 Agustus 1961 sangat menekankan pada pembentukan karakter. Esensi kegiatan ini bukan sekadar seremonial atau aktivitas rutin, tapi harus dijadikan gerakan bagi SMP untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme,” pesannya di acara bertemakan “Tetap Unggul dan Berkarya Saat Belajar dari Rumah” yang diselenggarakan secara virtual karena Covid-19.

Diketahui, kegiatan Pramuka Penggalang jenjang SMP diikuti oleh siswa SMP, guru pendamping, dan unsur dinas pendidikan di 63 kabupaten/kota dari 27 provinsi dengan total peserta sebanyak 567 orang. Satu sekolah yang berpartisipasi terdiri dari lima orang siswa dan satu guru pendamping.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*