Ini Manfaat Ikut Kegiatan Pramuka, Jangan Sepelekan!




Peserta didik di Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta, Kempa 3 Buperta Cibubur, Jakarta Timur
Peserta didik di Jambore Pramuka Penggalang SDK PENABUR Jakarta, Kempa 3 Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat, 12 April 2019 (KalderaNews/Humas PENABUR)

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kemendikbud, Mulyatsyah menegaskan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengikuti kegiatan pramuka.

“Dengan mengikuti kegiatan pramuka, siswa akan diajarkan untuk berpikir maju, kedisplinan serta mengenal jati diri bangsa,” tuturnya saat membuka kegiatan Pramuka Penggalang Jenjang SMP di Jakarta, Senin, 31 Agustsu 2020.

Selain itu, dengan mengikuti kegiatan ini, para siswa akan semakin memahami nilai nasionalisme dan cinta Tanah Air.

BACA JUGA:

“Gerakan kepanduan semenjak Pramuka Indonesia berdiri tanggal 14 Agustus 1961 sangat menekankan pada pembentukan karakter. Esensi kegiatan ini bukan sekadar seremonial atau aktivitas rutin, tapi harus dijadikan gerakan bagi SMP untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme,” pesannya di acara bertemakan “Tetap Unggul dan Berkarya Saat Belajar dari Rumah” yang diselenggarakan secara virtual karena Covid-19.

Diketahui, kegiatan Pramuka Penggalang jenjang SMP diikuti oleh siswa SMP, guru pendamping, dan unsur dinas pendidikan di 63 kabupaten/kota dari 27 provinsi dengan total peserta sebanyak 567 orang. Satu sekolah yang berpartisipasi terdiri dari lima orang siswa dan satu guru pendamping.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam empat angkatan yang masing-masing dilaksanakan selama dua hari. Angkatan I dilaksanakan tanggal 24–25 Agustus 2020 dan Angkatan II dilaksanakan pada tanggal 27–28 Agustus 2020, sementara itu Angkatan III berlangsung pada tanggal 31 Agustus–1 September 2020 dan Angkatan IV dilaksanakan tanggal 3–4 September 2020.

Para peserta yang terundang adalah siswa-siswi pilihan yang unggul dalam bidang akademik dan nonakademik di sekolahnya. “Kalian pelajar terpilih, selamat berkarya dan selamat beraktivitas. Salam Pramuka,” tutup Mulyatsyah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan di-share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*