4 Cara Kuliah Daring Produktif. Jangan Tidur !

Kuliah daring tetap butuh usaha. Tidur selama kelas membuat mahasiswa melewatkan materi penting (KalderaNews/ Dok. Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com –  Pandemi Covid-19 membuat mahasiswa dari segala lapisan terkena dampak pada perkuliahan. Sistemnya berubah menjadi kuliah daring dan memaksa mahasiswa untuk beradaptasi. Supaya lebih mudah, mahasiswa daring harus mempelajari kita-kiat berikut ini!

Kenali Dosen dan Profesor di Kampus

Mahasiswa terus didorong untuk mengenal profesor dan dosennya. Berkenalan secara tatap muka memang lebih mudah, akan tetapi ini perkenalan daring juga tidak kalah penting. Cobalah untuk menghubungi dosen secara sopan melalui surel saat mengirimkan tugas. Tugas yang diberikan dosen dapat menjadi jembatan untuk perkenalan diri dan menunjukkan kapabilitas seorang mahasiswa.

Susun Dokumen Secara Terorganisir

Saat datang ke kelas, mahasiswa menyiapkan buku dan catatan. Sebaiknya, hal ini juga diterapkan saat kelas daring. Mahasiswa dapat menyiapkan catatan di Microsoft Word atau Google Docs untuk membaca kembali materi perkuliahan. Selain itu, teknologi dapat memudahkan mahasiswa untuk menyimpan dokumen tanpa kertas.

BACA JUGA:

Terjadwal

Kuliah daring membuat batas-batas kehidupan menjadi tidak jelas. Memiliki jadwal tetap dapat membantu mahasiswa mengelola stres karena beban studi yang berat. Buatlah jadwal untuk semua tugas utama, ujian, tenggat waktu, dan pencapaian tugas. Kemudian, paksakan diri untuk mengikuti jadwal itu. Kuliah daring memaksa mahasiswa untuk lebih disiplin. Lakukan aktivitas secara rutin untuk menjaga alur pengerjaan.

Sambil Bekerja Paruh Waktu

Beban finansial seringkali hadir sebagai permasalahan kuliah online, apalagi jika kampus belum memberikan keringanan biaya secara merata. Waktu belajar yang fleksibel membuat mahasiswa dapat disambi dengan kerja paruh waktu (part time). Usahakan pekerjaan tidak menganggu jadwal kuliah.

Itulah cara untuk menjadi mahasiswa daring yang produktif. Bagaimanapun, kuliah online tetap butuh usaha. Maka dari itu, jangan tidur ketika dosen menjelaskan materi. Semoga sukses!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*