Cara Urus Salah Pengejaan Nama Pada Ijazah




Salah nama pada ijazah bisa berakibat fatal (KalderaNews/Ist).

JAKARTA, KalderaNews.com – Ketika terdapat salah ketik redaksional, baik itu salah nama, kelebihan atau kekurangan huruf, maka Dinas Pendidikan tidak bisa mengeluarkan lagi ijazah baru. Ijazah hanya dikeluarkan sekali seumur hidup, yaitu saat siswa dinyatakan lulus.

Cara mengurus salah pengejaan nama ijazah dapat diatasi dengan datang ke kantor Dinas Pendidikan di wilayah tempat siswa pernah sekolah. Langkah pertama yaitu, pemohon datang ke sekolah untuk meminta surat perbaikan nama, kemudian pergi ke kantor Dinas Pendidikan.

Datang ke Sekolah dan Melengkapi Berkas Penting

Berkas yang dibutuhkan ialah akta kelahiran, kartu keluarga, atau dokumen resmi lainnya yang memakai nama sebenarnya. Selain itu, usahakan membawa salinan ijazah untuk meyakinkan pihak sekolah. Jika tidak punya, maka minta daftar register siswa atau buku induk siswa.

BACA JUGA:

Datang ke Dinas Pendidikan sesuai Jenjang Siswa

Setelah berkas lengkap, maka langkah selanjutnya yaitu pergi ke kantor Dinas Pendidikan sesuai wilayah dan jenjang. Jika pemohon mengurus ijazah SD/SMP, maka datang ke Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas Dasar). Lalu, apabila pemohon mengurus ijazah salah ketik tingkat SMA, maka datang ke ke Dinas Pendidikan Menengah (Dikdas Menengah).

Itulah pentingnya memastikan ejaan nama di ijazah tidak salah sejak awal. Siswa tidak bisa menyepelekan perkara salah nama karena ijazah digunakan untuk melamar pekerjaan atau ke jenjang pendidikan selanjutnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*