4 Perguruan Tinggi Digandeng Pemprov DKI Jakarta Kembangkan Kewirausahaan




4 perguruan tinggi digandeng Pemprov DKI Jakarta mengembangkan kewirausahaan. (KalderaNews.com/Dok.Pemprov.DKI Jakarta)
4 perguruan tinggi digandeng Pemprov DKI Jakarta mengembangkan kewirausahaan. (KalderaNews.com/Dok.Pemprov.DKI Jakarta)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengandeng empat perguruan tinggi untuk berpartisipasi dalam mengembangkan kewirausahaan. Empat perguruan tinggi itu adalah Perbanas Institute Jakarta, Universitas Persada Indonesia YAI, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA).

BACA JUGA:

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM), Andri Yansyah mengatakan, kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan perguruan tinggi ini betujuan:

  1. Menumbuhkan potensi kewirausahaan dengan mendorong dan memfasilitasi penciptaan wirausaha di DKI Jakarta.
  2. Meningkatkan kualitas dan pendayagunaan sumber daya manusia sebagai wirausaha melalui pemanfaatan teknologi dan sumber daya lokal agar memiliki keunggulan kompetitif bagi penguatan ekonomi DKI Jakarta
  3. Mengurangi penggangguran dan kemiskinan melalui peningkatan kesempatan berwirausaha
  4. Meningkatkan jumlah wirausaha yang mandiri, berkualitas, tangguh, dan andal melalui pengembangan skala usaha produktif, baik yang dikelola perorangan maupun kelompok.

Sampai tahun 2020, kata Andri Yansyah, sebanyak 226.280 UKM/IKM telah bergabung dengan program kewirausahaan terpadu Pemprov DKI jakarta, dan sebanyak 33.482 wirausaha telah terbit perizinannya.

Sebanyak 21.283 wirausaha juga sudah mengikuti fasilitas pemasaran dan 1.050 wirausaha telah dibantu akses permodalan dengan total kredit (Monas Pemula dan Monas Jakpreneur) sejumlah Rp 319 Juta dengan 32 debitur dari Bank DKI.

Andri Yansyah berharap, kolaborasi ini mampu memantik geliat Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah (UKM/IKM) yang telah menggerakkan lebih dari 90 persen roda perekonomian Jakarta, terutama terkait penyerapan ketenagakerjaan. UKM/IKM juga memegang peranan kunci dalam pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran, serta pengentasan kemiskinan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*