Begini 3 Tip Jitu Menghafal Tabel Periodik Kimia




Ilustrasi: Tip menghafal tabel periodik kimia. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tip menghafal tabel periodik kimia. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kimia merupakan pelajaran yang asyik dan menyenangkan. Sayangnya, tidak semua siswa beranggapan demikian. Kimia kadang tampak seperti pelajaran sulit yang membuat enggan masuk sekolah. Apalagi kalau gurunya killer.

BACA JUGA:

Nah, simak yuk tiga tip jitu menghafal tabel periodik kimia berikut:

Cara Pertama

Buat  Banyak Tabel Periodik

Cetaklah beberapa tabel periodik dengan warna yang menarik. Buatlah dalam beberapa ukuran. Ukuran kecil bawalah ke mana-mana untuk dihafal. Ukuran yang besar dapat ditempel di tempat belajar, di tembok yang dilihat saat tidur, atau bahkan di sekitar ruang makan.

Alah bisa karena terbiasa. Demikian juga dengan hafalan tabel periodik. Kalau sering melihat akan hafal juga.

Buat Pengelompokan Unsur yang Spesifik

Tabel periodik dibuat berdasarkan kelompok warna tertentu. Menghafal berdasarkan keompok warna akan lebih mudah. Cara lain adalah dengan menghafal berdasarkan baris, kolom, berat atom, atau dari yang termudah ke yang tersulit.

Sempatkan Menghafal

Mencari waktu senggang khusus untuk menghafal memang sulit. Gunakan waktu di sela kegiatan untuk menghafal. Cara ini akan lebih menyenangkan karena tidak terasa sedang belajar.

Cara Kedua

Pakai jembatan keledai

Cara ini paling familiar. Jembatan keledai membantu tetap hafal meskipun sudah belasan tahun. Contohnya mejikuhibiniu, merupakan jembatan keledai untuk menghafal warna pelangi. Hari LIbur Nanti Kita Rombongan CuS ke Francis atau Besok Minggu Cari Srabi Bareng Raja adalah contoh jembatan keledai yang dapat dipakai untuk kolom tabel periodik. Temukan versimu sendiri ya.

Senandungkan tiap saat

Bila telah menemukan kalimat yang pas untuk jembatan keledai itu, cari irama lagu kesukaan dan gantilah liriknya dengan kalimat itu. Kemudian senandungkan sesering mungkin.

Cara Ketiga

Buat kartu bergambar

Cara ini memang lebih sulit daripada kedua cara di atas karena harus menggambar dengan warna yang menarik. Namun, biasanya akan lebih mudah menghafal. Buat semacam flash card dengan gambar yang mudah diingat.

Ketiga cara di atas dapat dipilh salah satu atau digunakan secara kombinasi. Perlu diingat bahwa unsur dan lambangnya adalah satu paket. Jadi harus dihafalkan bersamaan. Jangan dihafalkan sendiri-sendiri. Ingat pula cara penulisan lambang unsur, yakni huruf pertama pasti kapital dan diikuti oleh huruf kecil. Semangat menghafal, ya!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*