9 Tip Mengatur Keuangan untuk Anak Kos




Ilustrasi: 9 tips mengatur keuangan ala anak kos. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: 9 tips mengatur keuangan ala anak kos. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menempuh pendidikan jauh dari orangtua mengharuskan setiap mahasiswa dapat hidup mandiri. Belajar hidup di rantau dimulai saat masa ini.

Mengatur uang bulanan yang dikirim orang tua untuk kebutuhan sehari-hari perlu strategi. Strategi ini penting agar saat menjelang akhir bulan, tidak lagi kehabisan uang dan hidup sengsara hanya dengan makan mi instan.

Inilah 9 tip mengatur keuangan anak kos:

1. Buat Daftar Kebutuhan Sebulan

Dengan membuat daftar kebutuhan bulanan di awal akan memudahkan mengatur uang hingga akhir bulan. Sisihkan pengeluaran terpenting seperti membayar kos, listrik (bila harus mengisi token listrik sendiri), uang kuliah, dan kebutuhan makan. Segera membayar uang kos akan terhindar dari tunggakan berbulan-bulan yang memberatkan.

2. Buat Jatah Kebutuhan Per Hari

Kebutuhan sehari-hari seperti uang makan, beli bensin atau ongkos angkutan umum sisihkan dalam satu amplop khusus yang tidak boleh diambil di luar kebutuhan tersebut. Pegang juga secukupnya dalam dompet untuk mwnghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan.

BACA JUGA:

3. Kumpulkan Kembalian Receh

Uang receh kembalian belanja ini kesannya memang tidak berharga. Namun, bila dikumpulkan dapat menjadi penyelamat saat darurat. Mulai kumpulkan di wadah tertentu.

4. Masak Sendiri Lebih Sehat dan Hemat

Banyak tips masak ala mahasiswa yang murah meriah tersedia di YouTube atau TikTok misalnya. Tips masak ala mahasiswa ini memang dibuat dengan menyesuaikan ritme belajar mahasiswa, sehingga seringnya tidak memakan waktu lama. Masak sendiri selain lebih hemat juga lebih sehat.

5. Bawa Botol Minum Sendiri

Membeli air mineral botolan saat di luar kos akan menambah pengeluaran. Meskipun terasa tidak mahal. Membawa botol minum sendiri yang diisi dari galon selain lebih hemat juga berarti ikut andil dalam mengurangi sampah.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Bekerja  sejak masa mahasiswa selain memberikan penghasilan tambahan akan melatih mahasiswa menjadi wirausaha. Banyak alternatif yang dapat dicoba, misalnya menjadi guru les privat atau bahkan menjadi reseller toko online.

7. Sediakan Uang Secukupnya di Dompet

Simpan uang bulanan di kos atau di rekening. Jangan dibawa seluruhnya di dalam dompet untuk menghindari keinginan jajan atau belanja hal-hal yang tidak perlu.

8. Cuci Pakaian Sendiri

Mencuci pakaian sendiri tentu akan menghemat pengeluaran untuk laundry. Zaman sekarang, produk deterjen sudah dibuat dengan teknologi yang bagus untuk membersihkan kotoran saat direndam beberapa menit, jadi tidak perlu risau.

9. Belanja Bulanan Atau Mingguan Saat Diskon

Banyak supermarket atau mini market yang memberikan diskon saat akhir pekan. Gunakan diskon itu untuk berbelanja bulanan.

Nah, 9 tip di atas sangat mudah diaplikasikan. Kesannya memang berat di awal, tetapi dengan pembiasaan hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang baik. Yuk, mulai cermat sejak masa mahasiswa dengan hidup hemat, agar tetap sehat dan tidak melarat!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*