Hari Kopi Nasional: Kenali Minuman Teman Belajar dari Indonesia yang Mendunia

kopi indonesia, kopi arabika, kopi robusta,
Hari Kopi Nasional sebagai pengingat banyak jenis kopi Indonesia yang telah mendunia. Kopi minuman teman belajar yang sangat bermanfaat. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari ini, 11 Maret diperingati sebagai Hari Kopi Nasional. Hari Kopi merupakan perayaan tahunan setiap negara untuk merayakan kenikmatan minuman kopi ini. Tidak merayakan kenikmatan kopi, Hari Kopi Nasional juga merupakan sebuah pengingat bagi kita untuk meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi.

Kata kopi sendiri dalam bahasa Indonesia belum terlalu jelas asal katanya. Ada yang menyebutkan berasal dari kata bahasa Arab, qahwah. Dalam perkembangannya kata ini mengalami perubahan menjadi kahveh dalam bahasa Turki dan menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Kata ini yang kemudian diserap menjadi kopi dalam bahasa Indonesia seperti yang dikenal sekarang.

Dalam Kamus Besar bahasa Indonesia kata kopi ini mempunyai empat makna yang berbeda. Arti pertama adalah pohon yang banyak ditanam di Asia, Amerika Latin, dan Afrika, buahnya disangrai dan ditumbuk halus untuk dijadikan bahan campuran minuman.

Kopi juga berarti buah atau biji kopi. KBBI juga menyebutkan bahwa kopi dapat juga dimaknai sebagai serbuk kopi. Atau dapat juga diartikan sebagai minuman yang bahannya serbuk kopi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*