Begini Cara Mudah Menyiasati Pelajaran Matematika

rumus matematika, tips matematika
Matematika tidak lagi terasa sulit bila kita mengetahui tip dan trik mengerjakan soal dengan mudah. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak heran bila pelajaran matematika menjadi satu dari sekian pelajaran eksak lain yang tidak terlalu disukai oleh banyak pelajar. Faktanya memang demikian, pelajaran eksak kerap tidak disukai karena memang terkesan sulit.

Bukan matematika saja pelajaran yang ‘dianaktirikan’ dan tidak disukai. Fisika dan kimia mungkin juga mengalami ‘nasib’ yang sama.

Sebagian besar hal ini terjadi karena ketidaktahuan dalam cara belajar saja. Banyak pelajar yang belum mengetahui cara mudah belajar dan menyiasati pelajaran matematika ini.

BACA JUGA:

Simak trik berikut untuk mengalahkan matematika

Berawal dari Pikiran

Saat kamu beranggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit maka, seperti itulah yang akan terjadi. Maka cara menyiasati pelajaran matematika yang pertama adalah mengubah cara pandang terhadap matematika. Memang bagian ini tidak mudah, tapi pasti bisa dikejarkan.

Tanamkan pada diri sendiri bahwa matematika tidak sesulit itu. Perlahan pasti nanti kamu akan mudah belajar matematika ini.

Tulis Ulang Rumus

Rumus dan pelajaran yang diberikan guru jangan didiamkan begitu saja. Coba tulis kembali beserta keterangannya di catatan berbeda yang dapat kamu bawa pergi. Dengan demikian kamu dapat kembali belajar dan mengingat rumus serta pelajaran yang masih terasa sulit.

Pahami Konsep Rumusnya

Rumus matematika itu jangan hanya dihapalkan melainkan dipahami konsep dan alurnya. Dengan memahami konsep dan alurnya, niscaya tidak sulit buatmu untuk mengerjakan soal dalam bentuk apa pun.

Yuk, Latihan Soal

Setelah memahami konsep rumus dan alur pengerjaan soal, sekarang waktunya untuk mulai berlatih soal. Berlatih soal akan menarik bila dikerjakan juga bersama teman. Dengan mengerjakan bersama teman, kamu akan dapat saling mengisi. Diskusi bersama teman untuk soal yang sulit akan terasa menyenangkan.

Bertanyalah

Bila dalam pengerjaan soal-soal latihan bersama temanmu ternyata kamu masih menemui kesulitan, lebih baik tanyakan pada gurumu. Jangan malu untuk bertanya dan minta dijelaskan lagi tentang materi yang belum dipahami. Guru pasti menyambut senang bila ada siswanya yang bertanya karena belum paham.

Itulah lima cara mudah untuk menyiasati soal matematika yang terkesan sulit. Bila dilakukan semua dengan langkah yang berurutan, pelajaran matematika bukan lagi pelajaran yang perlu ditakuti atau dihindari.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*